Storyboard Video? Mengapa Penting?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apa itu Storyboard? Sederhananya Storyboard adalah sebuah outline atau papan cerita untuk membuat video. Pada umumnya berbentuk seperti komik yang di dalamnya terdapat berbagai ilustrasi.

Nah yang paling penting dalam hal detailnya adalah pada masing-masing gambar akan disertakan beberapa keterangan yang lebih detail. Misalnya saja seperti sudut kamera, transisi, pencahayaan, dialog dan hal penting lainnya. 

Sebenarnya pada dasarnya untuk membuat sebuah Storyboard bisa dilakukan secara sederhana, tidak perlu gambar yang terlalu bagus, asal pesan bisa tersampikan dengan baik.

Saat ini sudah banyak software yang menyediakan pemembuat storyboard seperti Storyboardthat

storyboard

Mengapa Storyboard Penting? 

Berikut kami uraikan beberapa alasan kenapa membuat storyboard itu penting;

1. Sebagai Acuan Proses Pembuatan Video 

storyboard

Tanpa SB, kemungkinan pengambilan video tidak akan terarah dengan baik karena tidak ada acuan dalam proses pembuatannya.

Nah jika ada SB, maka ada patokan atau acuan pembuatan video. Seperti menunjukkan mulai dari mana dan apa saja adegan yang dibutuhkan, sudut pandang pengambilan video adegan agar sesuai dengan tujuan, waktu pelaksanaan produksinya, dan banyak hal penting lainnya. 

2. Membuat Proses Produksi Lebih Efisien

Apa alasan SB dapat membuat proses pembuatan video bisa jadi lebih efisien. Karena dengan adanya SB, maka dalam membuat video Anda sudah memiliki acuan. Jadi tidak lagi kebingungan dan mengingat-ngingat hingga banyak membuang waktu.

Misalnya saja contoh sederhananya ketika Anda membutuhkan pencahayaan natural, maka Anda bisa mengatur pengambilan video pada siang hari. Atau, bisa juga menata kamera di sudut tertentu. Karena itulah angle akan dicatat di SB untuk beberapa adegan.

3. Memudahkan Komunikasi

storyboard

Jika Anda bekerja secara tim maka SB tentu sangat diperlukan. Kenapa? Karena dengan adanya SB maka Anda bisa lebih mudah menyampaikan ide-ide ke sesama rekan tim yang lain.  Catatan yang detail juga akan membantu membuat konsep video lebih mudah dipahami.

Bahkan, dengan adanya SB, Anda bisa sekaligus mengevaluasi konsep video yang sudah Anda produksi. Jika terdapat kekurangan maka tim bisa memberi ide tambahan atau mengevaluasi ide adegan dalam video tersebut.

Sekian artikel kami mengenai Storyboard, semoga selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih juga sudah meluangkan waktu untuk selalu setia membaca info dan artikel-artikel dari kami.

Featured image by Woman photo created by azerbaijan_stockers – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram