Tagline? Yuk Kenali Manfaatnya Untuk Bisnis!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Tagline merupakan kalimat yang cukup singkat dan mudah diingat untuk tujuan branding sebuah bisnis. Bisa dikatakan representasi sebuah bisnis secara keseluruhan.

tagline

Sebagai contoh, sudah dari dulu Apple memiliki tagline berupa “think different”.

Lalu apa sih manfaat sebuah tagline untuk bisnis? Berikut kami uraikan tiga manfaatnya >>>

1. Representasi Visi dan Misi Bisnis

Kenapa tagline harus dipikir secara matang-matang sebelum mempublikasikannya ke khalayak umum? Karena dari beberapa kata ini bisa menjadi representasi dari bisnis Anda.

Kita bisa mengambil contoh dari Toshiba yang menggunakan “Leading innovation” untuk penggambaran bisnis merekaSecara eksplisit, Toshiba ingin menjelaskan kepada khalayak umum bahwa visi dan misi mereka adalah selalu menyajikan berbagai inovasi terbaru dalam produknya.

Itulah kenapa setiap perusahaan besar bahkan menyewa seorang ahli branding untuk melahirkan sebuah tagline yang bisa merepresentasi visi dan misi bisnis mereka.

2. Penguatan Identitas Bisnis

tagline

Ada sebuah kisah menarik yang terjadi pada tahun 2004 silam. Mc Donald resmi menggunakan tagline “I’m Loving It” pada tahun tersebut, dan sebuah riset menunjukkan bahwa setelah Mc Donald menggunakan tagline tersebut, brand awareness mereka meningkat sebanyak 86 persen dan penjualan mereka pun ikut melonjak hingga 7,8%. Hal ini merupakan lonjakan terbesar sejak tahun 1987.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena “I’m Loving It” dianggap mampu mendekatkan bisnis mereka kepada konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa Mc Donald berhasil menciptakan ketertarikan emosional antara sebuah bisnis dengan konsumennya.

3. Pembeda dengan Kompetitor

Kita tahu sendiri bahwa dalam dunia ini, tidak mungkin menjalankan bisnis yang benar-benar berbeda. Sebab di sektor manapun bisnis Anda, maka akan selalu ada kompetitor di niche tersebut.

Namun tidak masalah, selama benar-benar ada faktor pembeda dengan mereka. Salah satunya, tentulah dalam hal tagline yang menunjukkan strategi bisnis.

Kita ambil contoh produk lokal Wardah sebagai brand kecantikan yang populer dengan produk halal. Sebagai pembeda dari brand kecantikan lainnya yang memiliki produk serupa, maka Wardah membuat tagline: “Feel the beauty”. 

Secara singkat Wardah ingin mengajak setiap wanita agar bisa tampil lebih percaya diri dengan kecantikan yang dimilikinya dan tidak sebatas hanya penampilan saja. 

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram