Tipe Content Creator Yang Mumpuni

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebagai pemilik bisnis online, sebelum merekrut content creator untuk bisnis Anda, sebaiknya cek terlebih dahulu tipe content creator yang mumpuni agar tidak sia-sia, dan bahkan bisa maksimal dalam membantu perkembangan bisnis Anda.

Kenapa kita harus tahu tipe content creator yang mumpuni? Agar kedepannya tidak ada penyesalan dalam hal perekrutan dan bisa memaksimalkan bisnis tanpa perlu lagi pusing atau membuang waktu dengan hal-hal yang bermasalah pada orang-orang yang bekerja pada kita.

Lalu apa saja sih tipe content creator yang mumpuni? Berikut kami uraikan penjelasannya satu per satu >>>

1. Mempunyai Ide-Ide Kreatif 

tipe content

Membuat konten yang selaras dengan masa kini atau melibatkan hal-hal yang lagi trend dan viral adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh si pembuat konten.

Jika konten berkutat di penjualan produk saja, ide yang stagnan dan tidak berkembang, maka bisnis tidak akan bisa menggapai market kekinian yang jumlahnya sangat banyak.

Jadi sebelum melangkah ke kemampuan-kemampuan teknis lainnya, pastikan dulu content creator yang akan Anda rekrut memiliki ide-ide yang kreatif. Hal ini bisa Anda nilai dari karya-karyanya atau gagasan saat di interview.

2. Memiliki Kemampuan Riset yang Baik 

Konten apa yang paling dibutuhkan oleh target market Anda? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab setelah melakukan riset terhadap target market Anda. Semakin spesifik maka semakin akan membantu untuk penyediaan produk sesuai dengan apa yang diinginkan target market Anda.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk bisa melakukan sebuah riset agar mengetahui secara spesifik keinginan target market Anda. Salah satunya melalui tools Google seperti Google Trends, Google Analytics, dan lainnya.

3. Memahami dan Menguasai Tools Pendukung

tipe content

Apa saja sih yang dimaksud tools pendukung? Misalnya nih, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik.

Ada banyak tools pendukung ketika seorang content creator ingin memaksimalkan konten yang ingin dihasilkan. Tidak perlu untuk menjadi ahli, cukup memahami dan menguasai agar bisa memudahkan dan membantu perkembangan konten untuk bisnis Anda.

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi Baik 

Kemampuan komunikasi sebenarnya sangat dibutuhkan bukan hanya pada seorang content creator namun setiap jajaran dalam bisnis. Tanpa komunikasi yang baik maka akan terjadi miskomunikasi, ketika miskomunikasi terjadi maka akan ada pesan yang tidak tersampaikan atau pesan yang salah diartikan. Hal-hal ini akan mengganggu proses bisnis.

Selain komunikasi dengan tim, komunikasi dengan customer juga perlu untuk memahami bagaimana penyampaian pesan yang tepat kepada mereka.

5. Memahami SEO 

tipe content

Teknik SEO dibutuhkan agar dapat membantu konten lebih mudah dijangkau oleh lebih banyak orang. Tanpa SEO, konten yang paling bagus pun tidak akan dinikmati oleh banyak orang atau pun tidak akan digapai oleh target market yang tepat.

Patikan ke lima hal ini setidaknya ada dua atau tiga yang ada dalam content creator yang akan Anda rekrut!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram