Bisnis Kemitraan? Yuk Simak Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Setelah pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai bisnis berdasarkan strategi produk, kali ini kita akan membahas mengenai bisnis kemitraan atau model bisnis yang berdasarkan dengan kemitraan.

Langsung saja, berikut kami uraikan 4 (empat) model bisnis dikelompokkan berdasarkan kemitraan yang dilakukan >>>

1. Business to Business (B2B)

Model bisnis B2B dibangun berdasarkan kemitraan dengan pebisnis lain. Artinya, transaksi pembelian yang terjadi dilakukan oleh antar pebisnis, baik itu perusahaan manufaktur dengan pihak distributor, atau pihak distributor dengan pihak retailer. 

bisnis kemitraan

Perusahaan yang menjalankan model bisnis B2B adalah antara Samsung dan Apple. Meskipun di wilayah bisnis gadget mereka adalah kompetitor, namun di sisi lain Samsung banyak menjual berbagai produk mereka yang kemudian digunakan Apple untuk membuat iPhone. 

2. Business to Consumer (B2C)

Sederhananya, model bisnis B2C yaitu pebisnis menjual produk mereka kepada konsumen akhir. Contoh yang paling sering kita temui adalah bisnis toko online yang menjual berbagai kebutuhan konsumen, yang di mana penjual langsung menjual produk kepada konsumennya. 

B2C juga bisa diartikan sebagai model retail di mana produk berpindah langsung dari bisnis ke end user yang membeli produk atau jasa untuk penggunaan pribadi.

3. Consumer to Business (C2B)

Pengertian berbalik dari B2C, model bisnis C2B memungkinkan konsumen menjual produk mereka kepada pebisnis. Produk yang dimaksud bisa saja barang, jasa, data, dan lain sebagainya.

bisnis kemitraan

Contoh bisnis yang menjalankan model bisnis ini adalah situs ShutterStock. Dimana para konsumen dapat melakukan penjualan produk digital mereka melalui situs ShutterStock.

Tidak hanya sebatas itu, C2B juga seringkali ditemui pada saat pengguna internet melakukan survey berbayar yang di sebuah situs survey online. 

4. Consumer to Consumer (C2C)

Model bisnis C2C menciptakan sebuah transaksi penjualan produk dari satu konsumen ke konsumen lainnya.

bisnis kemitraan

Contoh bisnis yang menjalankan model bisnis ini adalah website OLX. Dimana penjual dapat memasang foto produk mereka di OLX untuk kemudian menarik pembeli. Dan akhirnya semua transaksi bisa dilakukan tanpa perlu lagi melibatkan pihak ketiga.

Featured image by Computer photo created by DCStudio – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram