Channel Marketing; Optimasi Part II!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas 4 (empat) channel marketing yang harus dioptimasi untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, dan lainnya pada sebuah bisnis.

Kali ini kita akan membahas 4 (empat) channel marketing lainnya yang juga wajib dioptimasi. Meskipun memiliki manfaat yang berbeda-beda, semua ujungnya akan meningkatkan sebuah bisnis.

Berikut kami rangkum 4 (empat) channel marketing lainnya yang juga wajib dioptimasi pada sebuah bisnis >>>

1. Search Engine Optimization (SEO)

  • Tingkat kemudahan: Sedang jika hanya konsep dasarnya, namun akan cukup sulit untuk selalu menyesuaikan perubahan algoritma Google
  • Biaya: Ada yang free dan ada yang berbayar jika menggunakan tools SEO
  • Performa: Jangka panjang
  • Cocok untuk: Memudahkan calon customer menemukan bisnis di Google Search

Kenapa menguasai Google Search penting? Untuk memperbesar potensi traffic. Makin banyak pengunjung, makin besar pula peluang transaksi.

2. Search Engine Marketing (SEM)

  • Tingkat kemudahan: Mudah hingga sulit
  • Biaya: Mulai dari Rp 4juta
  • Performa: jangka pendek
  • Cocok untuk: Menempatkan website secara instan di Google Search

Bedanya SEO dengan SEM adalah SEO secara organik sedangkan SEM iklan berbayar. Namun tujuannya sama, menjadi yang utama dalam Google Search.

Keunggulan SEM:

  • Bebas menentukan target market spesifik
  • Meningkatkan traffic dan conversion rate
  • Hasil lebih cepat dari SEO

3. Content Marketing

channel marketing
  • Tingkat kemudahan: mudah hingga sulit, tergantung ide dan kebutuhan konten itu sendiri
  • Biaya: Free dan berbayar jika menggunakan tools SEO
  • Performa: jangka pendek dan panjang
  • Cocok untuk: Memikat calon customer dengan konten (baik itu konten edukasi, konten tips, dan konten lainnya)

Content Marketing adalah strategi untuk menghasilkan dan mendistribusikan konten (baik itu konten edukasi, konten tips, dan konten lainnya) agar dapat memikat target market dan mengkonversinya menjadi customer.

Content Marketing bisa diterapkan ke berbagai bentuk:

  • Blog
  • Ebook
  • Email Marketing
  • Video Marketing
  • Social Media Marketing

4. Blog

channel marketing
  • Tingkat kemudahan: mudah untuk artikel yang general dan sulit untuk konten yang deep hingga membutuhkan riset dan teknik khusus SEO dsb
  • Biaya: Mulai dari Rp27ribu/bulan
  • Performa: jangka panjang
  • Cocok untuk: Membantu bisnis menjaring berbagai target market lewat konten yang mudah dipahami sampai yang terlengkap

Blog adalah jenis website yang khusus memuat berbagai macam artikel. Sebuah riset menunjukkan bahwa bisnis yang membuat blog berpotensi menghasilkan 126% calon customer.

Berbagai keunggulan blog:

  • Membantu bisnis melakukan sales funnel
  • Bebas membuat konten
  • Memungkinkan memasang ads
  • Mendongkrak performa SEO
  • Memungkinkan bisnis lebih mudah ditemukan di Google Search

Featured image by Business photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram