Bisnis Interaksi Dengan Konsumen? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bisnis berdasarkan strategi harga, dan kali ini kita akan membahas bisnis interaksi dengan konsumen atau bisnis yang berdasarkan dengan interaksinya dengan konsumen.

Berikut kami uraikan 2 (dua) jenis model bisnis terkait dengan interaksinya dengan konsumen >>>

1. High Touch

Yang pertama adalah high touch, yang dalam aktivitasnya diperlukan banyak interaksi dengan konsumen. Fokus utama untuk menjalankan bisnis ini adalah sumber daya manusia. Diperlukan cukup besar dan peran yang cukup penting dalam membuat bisnis berkembang untuk jangka panjang.

Contoh bisnis yang menggunakan model bisnis seperti ini adalah jasa konsultasi.

bisnis interaksi

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk dapat membangun bisnis high touch dengan baik dan maksimal, maka pastikan agar sumber daya manusia yang dimiliki berkualitas. Agar hasil terbaik bisa diperoleh sehingga akhirnya membuat konsumen puas dengan layanan bisnis ini. Jika konsumen puas, maka kepercayaan terhadap bisnis bisa terbangun dengan baik dan maksimal. 

2. Low Touch

Berbeda konsep dengan high touch, low touch justru memiliki konsep yang berkebalikan yaitu mengembangkan model bisnis dengan tidak begitu banyak membutuhkan interaksi dengan konsumen.

Artinya, baik dalam proses tahapan penjualan maupun proses tahapan penggunaan produk, bisa dilakukan sendiri oleh konsumen. Hal ini utamanya dilakukan dengan sebuah pendekatan otomasi yang menggunakan pemanfaatan teknologi. 

Contoh bisnis yang menggunakan model bisnis ini adalah Survey Monkey, penyedia platform survey online. 

bisnis interaksi

Survey Monkey hadir sebagai platform yang intuitif, yang dimana konsumen membuat sendiri survey yang mereka perlukan. Dan dalam proses pembuatan survey pun tidak ditemukan kesulitan yang lebih. Layanan ini biasanya bersifat freemium dengan batasan jumlah pertanyaan dan response. 

Namun, sama pada konsep-konsep bisnis yang telah kita bahas sebelumnya, untuk kebutuhan tingkat lanjut, konsumen harus menggunakan paket premium dengan jumlah pertanyaan dan response unlimited, serta ada pula fitur tambahan seperti A/B testing.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel-artikel yang telah kami sediakan. Semoga berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Bisa menjadi referensi dan pembelajaran yang lebih berguna kedepannya.

Featured image by People photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram