Optimasi Mesin Pencarian? Berikut 8 Langkah Tepat!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Kali ini kami akan membahas optimasi mesin pencarian. Yap, benar. Bagaimana sih cara mengoptimalkan agar website atau konten kita berada pada halaman paling utama di dalam mesin pencarian? Sebab tentu kita tidak ingin website atau konten kita tertinggal jauh dari halaman pertama mesin pencarian. Selain tidak dilihat banyak orang, maka konten atau website kita pun akan tertinggal.

optimasi mesin

Nah, untuk mengoptimasi maksimal hal tersebut dan menghindari ketertinggalan webiste atau konten kita di halaman pertama mesin pencarian seperti Google. Maka berikut kami sediakan 8 langkah sederhana optimasi mesin pencarian agar website atau konten kita bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Berikut uraian sederhananya;

1. Letakkan Keyword utama di awal judul

Hal ini akan membantu kontenmu mencapai halaman pertama dalam pencarian seseorang terkait Keyword tersebut.

2.Maksimalkan penggunaan Keyword utama pada 100 kata pertama

Anda harus to the point mengenai apa yang akan Anda sampaikan dalam konten. Jadi sebaiknya, letakkan focus keyword di 100 kata pertama. 

3. Teks konten minimal 500 kata

Semakin dalam dan semakin panjang pembahasan pada konten anda terhadap suatu topik, maka google akan memberikan penilaian yang baik dan akan semakin mudah ditemukan dalam pencarian seseorang.

4. Sisipkan Outbond Links

Pastikan website yang Anda jadikan sumber atau referensi rujukan memiliki reputasi yang baik.

5. Sisipkan juga Internal Links

Internal Links membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman dalam website. Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan.

6. Manfaatkan Heading dan Sub Heading

Dengan adanya heading dan subheading, pembaca akan lebih mudah menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan.

7. Tambahkan Gambar atau Video yang Berkualitas

Konten yang berisi teks saja tentu sangat membosankan bagi pembaca.Menurut sebuah penelitian, artikel dengan video punya kesempatan 53 kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dibanding artikel tanpa video. 

8. Pastikan Buat Konten Berkualitas dan Solutif

Seperti apa konten yang berkualitas? Konten harus menjawab pertanyaan pembaca. Ketika mereka mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari, yang mereka harapkan adalah jawaban. Jadi pastikan untuk memberikan informasi yang relevan sesuai kebutuhan pencari. 

optimasi mesin

Meskipun disampaikan dengan sederhana, namun langkah-langkah di atas mempunyai dampak yang sangat signifikan. Anda bisa mencobanya sendiri agar dapat membuktikannya. Selamat mencoba.

Featured Image by Business photo created by yanalya – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram