Pasang iklan di Instagram mempunyai banyak sekali manfaat khususnya bagi Anda yang mempunyai bisnis dan ingin meningkatkan popularitas. Cara iklan di Instagram juga sangat mudah bisa anda lakukan bahkan tanpa menggunakan transfer bank atau kartu kredit.
Instagram sendiri merupakan aplikasi sosial media dengan banyak pengguna bahkan hingga jutaan dari seluruh Indonesia hingga dunia. Maka dari itu Instagram bisa menjadi salah satu media sosial untuk promosi yang efektif dengan fitur lengkap seperti Facebook marketplace.
Cara Iklan Di Instagram
Apabila Anda ingin memasang iklan di Instagram sebelumnya anda harus mengubah akun menjadi Instagram bisnis terlebih dahulu. Agar lebih lengkapnya simak berikut ini langkah-langkah untuk memasang iklan di Instagram mulai dari mengubah akun.
Baca juga: 5 Langkah Memaksimalkan Instagram Bisnis
1. Cara Ubah Akun Instagram Bisnis
Bagi Anda yang belum mengubah akun Instagram menjadi akun profesional Anda bisa mengubahnya pada setting di bagian account. Kemudian pilih switch to professional profile dan pilih jenis akun bisnis, lengkapi semua informasi kontak dan email.
2. Buat Postingan Iklan
Kemudian setelah anda mengubah akun menjadi profil bisnis selanjutnya Anda bisa membuat postingan yang akan disebarkan kepada target pengguna Instagram. Anda bisa membuat postingan baru atau menggunakan postingan lama yang dapat menarik pelanggan.
Baca juga: Instagram Bisnis? Berikut 4 Fitur dan Manfaatnya!
3. Boost Post
Setelah menentukan postingan mana yang akan dipromosikan Anda bisa menggunakan fitur boost post yang biasanya muncul pada bagian bawah postingan tersebut. Kemudian Anda bisa menyesuaikan penggunaan Instagram ads sesuai kebutuhan.
4. Tambahkan Url Tujuan Atau Action Button
Langkah selanjutnya anda akan diberikan pilihan isian untuk menambahkan url tujuan atau action button. Pilih saja salah satu fitur yang sesuai dengan kebutuhan anda diantaranya url tujuan untuk menuju link tertentu atau action button untuk menuju profil anda dan lainnya.
Baca juga: 7 Langkah Sederhana Memulai Jualan Di Instagram
5. Tentukan Target Audiens
Penentuan target audiens ini merupakan kunci efektif yang harus anda perhatikan ketika memasang iklan di Instagram. Anda bisa menentukan karakteristik audiens sesuai dengan target produk yang Anda tawarkan mulai dari usia, wilayah pemasaran dan lain sebagainya.
Baca juga: Konten Instagram Untuk Referensi Jualan Online
6. Tentukan Budget Iklan
Sebelum menentukan budget iklan Anda harus melihat pemasukan dan pengeluaran dari arus kas atau keuangan bisnis anda. Sebaiknya Anda tentukan berapa budget yang aman agar tidak mengganggu arus keuangan namun tetap efektif untuk mempromosikan produk.
Jika anda sudah menentukan budget iklan Anda bisa mulai membuat periode atau masa promosi produk sesuai dengan budget yang ada. Mulai dari berapa lama produk tersebut dipromosikan sampai target spesifik lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Jika semua persiapan sudah dilakukan Anda bisa mulai melakukan proses iklan di Instagram dengan mengklik pada tombol boost post. Tahap akhir anda hanya perlu melakukan pembayaran sesuai dengan budget yang sudah ditentukan sebelumnya ditambah biaya pajak.
Pembayaran bisa anda lakukan melalui transfer bank atau dompet digital yang mendukung pembayaran Instagram ads. Anda tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai kartu kredit atau debit karena Instagram sudah menyediakan pembayaran melalui dompet digital.
Baca juga: Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba!