Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian, manfaat, serta cara mengukur kepuasan pelanggan. Dan pada pertemuan kali ini kita akan membahas hal yang penting dan akan menjadi pembahasan terkahir pada bagian ini. Yaitu tips meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bagaimana sih cara meningkatkan kepuasan pelanggan? Berikut kami uraikan beberapa tips meningkatkan kepuasan pelanggan yang bisa Anda pelajari lebih dalam >>>

1. Mengukur Kepuasan Pelanggan Secara Berkala

tips meningkatkan

Lakukan evaluasi bulanan atau tahunan secara berkala untuk mengukur skala kepuasan pelanggan pada bisnis Anda. Kenapa harus melakukan hal semacam ini? Agar Anda dapat memantau apakah ada pelanggan Anda yang berubah haluan atau apakah ada pelayanan bisnis yang Anda sediakan tidak sesuai standar yang dijanjikan.

Jika mengabaikan hal ini, maka Anda akan merasakan dampak yang cukup banyak kedepannya. Salah satunya adalah berkurangnya pelanggan secara terus-menerus.

2. Proaktif dalam Mencari Feedback Konsumen

Proaktif lah dalam melakukan kuesioner maupun survey, jelaskan manfaat dari kegiatan kuesioner ataupun survey yang Anda lakukan pada pelanggan.

Contoh sederhananya adalah Anda mengirim setiap email survei pada pelanggan, lalu Anda mengajak pelanggan untuk mau terlibat dalam program tersebut dengan tujuan agar dapat memberikan pelayanan terbaik.

3. Sediakan Berbagai Channel untuk Melayani Pelanggan

tips meningkatkan

Semakin banyak channel yang tersedia, maka semakin mudah konsumen menghubungi Anda. Semakin mudah konsumen menghubungi maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan feedback.

Dari feedback setiap channel inilah Anda akan mengetahui apa yang pelanggan butuhkan dan mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan. Channel yang dimaksud bisa berupa sosial media, email, telepon, whatsapp, hingga live chat.

Tahu tidak bahwa 96% pelanggan mengatakan bahwa pelayanan kepada pelanggan melalui banyak channel dapat menentukan loyalitas mereka terhadap suatu brand.

4. Upayakan Customer Retention 

Apa yang dimaksud customer retention? Usaha untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar tetap menggunakan produk atau layanan.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa menjual produk ke pelanggan lama akan lebih mudah, karena mereka sudah mengenali dan memahami brand atau produk Anda. Sedangkan untuk menarik pelanggan baru biasanya membutuhkan biaya 5 kali lebih besar dibanding promosi ke pelanggan lama.

Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk menjalankan customer retention? Ada komunikasi personal, ada program customer loyalty, hingga melakukan cross selling. Banyak kok, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan tipe pelanggan Anda.

Featured image by Woman photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram