Kepuasan Pelanggan? Pengertian dan Indikatornya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Kepuasan pelanggan adalah respon atas produk atau layanan yang memenuhi harapan pelanggan. Hal seperti ini secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh ke penjualan. Apakah akan menurun atau meningkat.

Untuk dapat memenuhi harapan pelanggan, ketahui apa saja indikator kepuasan pelanggan agar penilaian tidak subjektif.

Berikut kami uraikan 6 (enam) indikator kepuasan pelanggan >>>

1. Kualitas Produk

kepuasan pelanggan

Inti dari bisnis yaitu produk. Jika kualitas produk baik maka akan membuat konsumen merasakan value ketika menggunakan produk Anda. Kualitas produk penting karena hal inilah yang membuat konsumen rela mengeluarkan uang.

Beberapa elemen kualitas produk yang wajib diperhatikan;

  • Problem solving – Produk menjadi solusi bagi masalah tertentu
  • Harga vs kebutuhan – Apakah harga produk sudah setara dibandingkan kebutuhan pelanggan
  • Keamanan – Rasa aman dan nyaman ketika produk digunakan
  • Umur produk – Berapa lama produk dapat berfungsi
  • Kegunaan – Kemudahan dalam menggunakan produk
  • Efisiensi – Manfaat lain yang bisa dirasakan, seperti produk ramah lingkungan, harga lebih terjangkau, dan lainnya

2. Kualitas Pelayanan

Walau produk bagus, tapi jika pelayanannya buruk maka akan membuat bisnis mengalami beberapa kerugian, seperti:

  • Konsumen beralih ke brand lain
  • Profit menurun
  • Pengeluaran meningkat untuk iklan mencari konsumen baru
  • Kepercayaan konsumen terhadap produk atau bisnis berkurang

Menurut Salesforce78% konsumen akan tetap setia pada suatu brand jika kualitas pelayanannya baik. bahkan jika bisnis tersebut melakukan sebuah kesalahan.

Jadi, pastikan bisnis Anda menyediakan pelayanan yang ramah, responsif, dan solutif.

3. Harga Produk

kepuasan pelanggan

Sebuah riset menunjukkan bahwa 60% konsumen menetapkan harga sebagai faktor utama ketika membeli produk atau layanan. Namun untuk mengacu pada hal tersebut maka Anda harus menetapkan harga produk yang sebanding dengan kualitas. 

Karena ketika konsumen merasa tidak worth it antara pengeluaran uang dengan produk Anda, maka yang akan terjadi kepuasan pelanggan akan hilang.

4. Strategi Marketing

Strategi pemasaran dapat mempengaruhi ekspektasi pelanggan. Bayangkan jika Anda membuat  iklan yang menawarkan keunggulan produk yang berlebihan, maka harapan pelanggan pun pasti akan tinggi. Namun, ketika kualitas produk ternyata tidak sesuai dengan iklan, maka tentu pelanggan pun kecewa.

Jadi sesuaikan strategi marketing Anda dengan produk atau promosi yang Anda tawarkan.

5. Customer Experience

kepuasan pelanggan

Adalah pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis Anda. Baik itu baru tertarik, baru pertama kali membeli, bahkan yang sudah menjadi pelanggan setia.

Salah satu customer experience yang tepat adalah direspon dengan cepat saat membutuhkan customer service. Intinya, buatlah konsumen agar merasa nyaman dan memiliki kesan yang baik terhadap brand Anda.

6. Aksebilitas Produk

Aksebilitas produk adalah kemudahan pelanggan mengakses produk Anda. Mau sebagus apapun produk, jika susah dijangkau oleh konsumen, maka tentu tidak akan menghasilkan kepuasan pelanggan, bukan?

Itulah kenapa kehadiran website toko online penting, agar dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun!

Featured image by Summer photo created by benzoix – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram