Jenis Testimoni Wajib Diketahui Part II

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas pengertian testimoni, manfaat testimoni, dan 3 jenis testimoni. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai jenis testimoni.

Karena kita ketahui bahwa ada 10 jenis testimoni dan postingan sebelumnya kita baru membahas 3 diantaranya.

Langsung saja, berikut kami uraikan 4 jenis testimoni yang wajib diketahui >>>

1. Peer Testimonial

jenis testimoni

Merupakan testimoni yang berasal dari persona yang mirip dengan konsumen atau rekan bisnis. Contoh sederhananya jika Anda berjualan pakaian, maka testimoni bisa berasal dari desainer atau pelaku dunia fashion.

Tips peer testimonial yang efektif;

  • Pilih tokoh sesuai buyer persona brand
  • Gunakan testimoni berupa paragraf singkat dan jelas
  • Beri informasi singkat terkait latar belakang pemberi testimoni
  • Pajang foto pemberi testimoni

2. Social testimonial

Merupakan testimoni positif secara sukarela di media sosial. Testimoni ini berdampak cukup besar karena berasal dari kesediaan konsumen tanpa ada kesan yang dibuat-buat. Testimoni ini biasanya sering dishare ke lebih banyak follower.

Umumnya testimoni ini dikompilasi dalam satu halaman di website, agar konsumen dapat melihat beragam testimoni.

Terapkan dua hal berikut ketika membuat social testimonial:

  • Repost
  • Pajang screenshot dan berikan link langsung

Semakin banyak testimoni, maka semakin brand Anda menjadi terpercaya.

3. Influencer Testimonial

jenis testimoni

Testimoni ini biasanya diberikan oleh seorang artis, tokoh masyarakat, penggiat komunitas, dan lainnya. Yang rata” memiliki followers. Dengan memiliki pengikut, seorang influencer mampu mempengaruhi audince menjadi konsumen.

Sebuah riset menunjukkan bahwa kemungkinkan calon konsumen membeli dari konten seorang influencer bisa mencapai 82%!

Beberapa tips agar metode ini lebih optimal;

  • Pilih influencer dengan nama baik dan target audiens sesuai dengan target konsumen
  • Pajang foto dan nama influencer di testimonial
  • Pertimbangkan tingkat engagement influencer
  • Usahakan menggunakan testimoni lebih dari tiga influencer

Namun yang paling penting sebelum memulai testimoni ini adalah pastikan influencer yang Anda pilih memiliki pengalaman terhadap bisnis Anda.

4. Video Testimonial

Sebuah riset dari Social Science Research Network mengatakan bahwa 65% manusia lebih mudah menangkap informasi secara visual. Dengan informasi ini, maka Anda juga harus manfaatkan video testimonial.

Beberapa trik agar video testimoni bisa menarik perhatian lebih banyak audiens;

  • Dahulukan testimoni dari klien atau konsumen yang “besar”
  • Buat video testimonial secara profesional
  • Kemas video sekreatif mungkin
  • Kombinasikan dengan testimoni lainnya
  • Berikan subtitle

Dengan berbentuk video, dapatkan audiens lebih luas dengan me reposting video testimoni di beberapa channel media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook

Masih ada 3 (tiga) jenis testimoni yang harus Anda ketahui. Dan penjelasan dari ketiga jenis testimoni tesebut akan diuraikan pada postingan berikutnya. Stay terus ya! Terima kasih.

Featured image by Hand photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram