Penempatan CTA yang Baik? Berikut Tipsnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Penempatan CTA haruslah diletakkan pada tempat yang strategis untuk menggaet audience. Jika diletakkan di tempat yang kurang mendapatkan jangkauan, maka tidak akan mendapatkan perhatian dari audience.

Di bawah ini kami telah menyediakan beberapa contoh penempatan CTA atau penempatan teks atau tombol yang baik dan alasannya >>>

penempatan cta

1. Penempatan CTA di Bagian Atas Halaman Website

Nielsen Norman Group, firma penelitian user experience menjelaskan bahwa pengguna internet cenderung akan mengamati dan membaca konten website dari bagian kiri atas.

Pernyataan dari hasil riset tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak website melakukan penempatan CTA mereka pada bagian atas halaman utama.

Meskipun akan muncul beberapa kemungkinan pengunjung website akan meng-scroll halaman bawah untuk melihat konten lainnya, setidaknya pikiran mereka akan terpusat pada call to action-nya terlebih dahulu.

2. Penempatan CTA di Bagian Bawah Halaman Website

Penempatan CTA pada bagian bawah sebuah website, entah itu setelah artikel atau pada area footer tergantung isi dari teks tersebut dan efek yang diinginkan. Untuk mempraktikkannya, konten yang ada di atas haruslah informatif dan dapat mengundang rasa ingin tahu.

Karena penempatan CTA pada akhir halaman biasanya menawarkan info atau pengetahuan lebih atau info yang lebih lengkap.

3. CTA di Sidebar

Sidebar adalah kolom yang berada di sisi kiri atau kanan konten utama pada halaman website. Ruang ini umumnya diisi dengan berbagai widget seperti search bar, daftar post yang direkomendasikan, dan juga link ke akun media sosial seperti Instagram.

Anda dapat meletakkan banner call to action yang menarik perhatian. Misalnya dengan warna yang kontras di area sekitarnya.

4. CTA Slide Up

Cara menampilkan call to action yang terakhir adalah dengan banner slide up. Jenis banner yang satu ini mirip dengan popup, namun biasanya berukuran lebih kecil. Umumnya akan muncul pada salah satu pojok halaman.

Call to action yang diletakkan pada posisi ini pasti akan menyita perhatian pengunjung website. Selain itu, lokasinya juga tidak akan mengganggu pengunjung yang sedang memperhatikan konten di halaman website.

Featured image by People photo created by master1305 – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram