Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pengertian bisnis menurut para ahli bisa menjadi pembelaharan tersendiri bagi kita untuk merangkum suatu kesimpulan atau sebuah benang besar atau pandangan terkait bisnis itu sendiri. Baik secara sederhana, maupun secara komprehensif. Agar kiranya dapat berpengaruh dalam perjalanan bisnis yang akan kita lakukan atau sedang kita lakukan sekarang.

Kata “bisnis” sendiri berasal dari cakupan kata utama dari bahasa inggris yang mempunyai arti sebuah kesibukan. “business” merupakan kata yang menunjukkan bahwa bisnis memang mempunyai arti kata sibuk dalam menjalankan ataupun melakukan suatu aktifitas dalam suatu sektor apapun.

Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba (wikipedia).

Untuk melengkapi sudut pandang Anda tentang definisi bisnis, berikut kami rangkum pengertian bisnis menurut para ahli;

Prof. Owen

Bisnis ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasar. Atau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.

Jeff Madura

Bisnis adalah suatu instansi yang dibentuk oleh perorangan atau kelompok yang mendirikan suatu perusahaan yang dibuat guna sebagai penyedia layaran atau suatu produk yang diinginkan oleh pelanggan atau masyarakat pada umumnya.

Merriam Webster

pengertian bisnis

Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang. Kegiatan atau kerja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.

Huges dan Kapoor

Bisnis itu sendiri adalah kegiatan individu yang mana terorganisis, atau bisa dikatakan terorganisasi oleh serangkaian individu untuk menghasilkan suatu produk atau barang untuk dijual.

Serta menjual barang maupun jasa yang ditujukan guna untuk mendapatkan keuntungan. Dan disamping itu ditujukan guna untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

Steinford

Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Brown dan Pretello

Bisnis adalah berupa lembaga yang memproduksi atau bisa dikatakan lembaga yang menghasilkan suatu bentuk barang maupun jasa yang mana barang atau jasa tersebut dibutuhkan oleh masyarakat umum serta semua hal yang mencakup dalam semua aspek usaha yang dilakukan oleh instansi pemerintahan ataupun swasta dan ditujukan untuk suatu pencapaian tertentu seperti ingin mengejar suatu keuntungan (laba) ataupun tidak.

Griffin dan Ebert

pengertian bisnis

“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memilki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.

Mahmud Machfoed

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Allan Afuah

Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Artinya bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.

Bagaimana teman-teman? Sudah punya garis besar mengenai pemahaman tentang bisnis? Pengertian bisnis menurut para ahli bisa menjadi bahan dasar untuk kerangka berfikir teman-teman mengenai bisnis itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Featured Images by School photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram