Tips Bisnis; Mindset Dulu Baru Praktik

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Kali ini kita akan membahas mengenai tips bisnis (tips bisnis online/offline) bagi orang-orang yang ingin memulai menjalankan bisnisnya, atau yang sementara menjalankan bisnisnya.

Pembahasan kali ini diawali dari kata mindset. Apa sih mindset itu? Mindset adalah pola pikir, atau cara berpikir terkait sebuah pandangan dalam satu objek.

tips bisnis

Menurut James Artur Ray mindset artinya kepercayaan-kepercayaan (sekumpulan kepercayaan) yang mempengaruhi sikap seseorang, atau suatu cara berfikir yang menentukan prilaku pandangan, sikap, dan masa depan seseorang.

Menurut dr. Ibrahim Elfiky di dalam beberapa bukunya, mindset adalah sekumpulan pikiran yang terjadi berkali-kali di berbagai tempat dan waktu serta diperkuat dengan keyakinan dan proyeksi sehingga menjadi kenyataan yang dapat dipastikan di setiap tempat dan waktu yang sama.

Kenapa mindset penting dalam berbisnis? Sebab jika mindset awal yang ditanamkan bukanlah mindset bisnis, maka praktik ke depannya hanya akan membuang waktu, tenaga, pikiran dan lainnya.

Banyak orang-orang menjalankan sebuah bisnis namun tidak memiliki mindset bisnis sama sekali. Akhirnya, ujung-ujungnya gulung tikar.

Contoh sederhananya seperti ini, seorang A mempunyai banyak modal yang didapat dari warisan orang tua. Dari modal tersebut ia membuka sebuah usaha pencucian mobil. Dalam perjalanan bisnisnya, ia sering mencampur uang pribadi dengan uang pemasukan bisnisnya. Tidak terlalu memedulikan manajemen keuangan, dan tidak memedulikan laporan keuangan. Tidak butuh waktu lama, bisnisnya berhenti karena penghasilan dari bisnis sering dipakai untuk konsumsi pribadi. Ini hanya contoh sederhana.

Salah satu mindset bisnis paling penting adalah tidak menjadikan uang atau keuntungan sebagai tujuan dalam berbisnis. Orang-orang besar memiliki visi yang besar dari hanya sekedar menghasilkan uang ataupun keuntungan yang lebih banyak.

Orang-orang besar menata visi misi bisnisnya dengan matang.

Keuntungan adalah salah satu hal penting dalam berbisnis, namun jauh dari itu, miliklah tujuan yang lebih besar lagi. Seperti membuat bisnis agar memberikan sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan, atau membuat produk yang menjadi solusi bisnis bagi para pebisnis lainnya. Dan masih banyak lagi.

Jadi, untuk teman-teman yang baru mau memulai menjalankan bisnis atau sudah terlanjur menjalankan bisnisnya, mulai dari sekarang, tanamkanlah mindset bisnis pada diri dan bisnis anda. Buatlah visi besar. Ini adalah tips bisnis yang sangat disarankan.

Ingat! Orang-orang besar terlahir dari mindset yang besar pula.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman.

Featured Image by Book photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram