Marketplace; Menyelami Kelebihan dan Kekurangannya.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Tidak bisa dipungkiri, rata-rata generasi muda di indonesia, sudah menghabiskan sebagian waktu di hidupnya untuk sekedar mengutak atik belanjaan di marketplace, khususnya marketplace indonesia.

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi segala proses jual beli dari toko online.

Istilah sederhananya adalah pasar online. Dimana di dalamnya terdapat toko, penjual, pembeli, proses transaksi, dan lain sebagainya.

Contoh marketplace dunia amazon dan indonesia tokopedia

Namun, seiring perkembangannya, apakah kalian tahu? bahwa jika ditelisik lebih dalam, ada beberapa kelebihan dan kekurangan marketpalce.

Tim orderonline akan mencoba mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan marketplace tersebut.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan marketplace

A. Kelebihan

1. Tidak Membutuhkan Biaya Mahal Dalam Membuka Toko Sendiri

Berbeda dengan membuka toko offline, anda harus menyediakan dana sebanyak mungkin untuk membangun sebuah toko. Jikapun harus menyewa, biaya sewa pun terbilang lumayan mahal, apalagi jika lokasi bangunan strategis.

2. Jangkauan Pembeli Lebih Luas

marketplace
People vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

Berbeda lagi dengan toko offline, yang biasanya hanya bisa menjangkau calon pembeli di sekitar lokasi, toko online biasanya dipenuhi calon pembeli dari manapun.

3. Promosi Gratis

Beberapa marketplace besar di indonesia akan melakukan promosi terhadap produk yang anda jual. Ini sudah pasti menjadi nilai plus untuk toko online anda.

B. Kekurangan

1. Persaingan Harga

marketplace
Sale vector created by freepik – www.freepik.com

Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak penjual online yang melangsungkan bisnisnya di marketplace. Sehingga persaingan pun tidak bisa dihindari. Banyak pedagang yang bahkan rela mendapat keuntungan kecil demi penjualan yang banyak.

2. Brand Identitas

Para pembeli tidak akan begitu mengenal toko online anda, biasanya, mereka hanya akan menyebut nama marketplace jika sudah membeli sesuatu. Beda cerita jika anda memiliki toko online sendiri.

3. Pembayaran Lama

Karena marketplace menggunakan rekening bersama, maka uang akan ditahan dulu hingga barang sampai kepada pembeli. Berbeda cerita lagi jika anda memiliki toko online anda sendiri.

Sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangn dari marketpalce, namun dalam artikel ini, hanya akan membahas tiga poin dari tiap penjelasan.

Mungkin kedepan, orang akan berbondong-bondong untuk memiliki toko onlinenya sendiri. Agar segala aktifitas toko tidak terbatas, dan kuasa penuh ada di tangan pemiliknya.

Orderonline storefront menjadi solusi dari beberapa business owner yang ingin memiliki toko onlinenya sendiri.

Anda bisa mempelajari dan lihat selengkapnya disini OrderOnline Storefront

Featured image by Business vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram