Sebelum mengetahui jenis copywriting, baiknya kita memahami dulu pengertiannya secara sederhana. Copywriting bisa dikatakan adalah teknik membujuk pembaca untuk megikuti sebuah perintah.
Perintahnya pun bermacam, namun tujuannya tentu adalah menghasilkan konversi. Konversi yang bentuknya seperti membeli, berlangganan, mendaftar, dan sebagainya.
Berikut kami uraikan 5 (lima) jenis copywriting yang perlu Anda ketahui >>>
–
1. Direct Response Copywriting
Umumnya jenis yang satu ini selalu digunakan pada landing page, iklan media sosial, homepage, dan sebagainya.
Biasanya berfungsi untuk mendapatkan feedback secara langsung dari audience. Misalnya saja mengarahkan mereka untuk mengklik tombol Call to Action, berlangganan sebuah ebook, membagikan sebuah konten, dan banyak lainnya.
–
2. Marketing Copywriting
Nah yang kedua, jenis ini biasanya ditemukan atau terdapat pada email marketing dan homepage.
Marketing Copywriting adalah copywriting yang berfokus untuk menawarkan sebuah produk, menyampaikan fitur-fitur terbaru atau produk-produk terbaru, memberikan solusi pada customer, dan menyampaikan segala manfaat produk. Tujuan akhirnya adalah meyakinkan customer untuk membeli sebuah produk atau layanan yang ditawarkan.
–
3. Brand Copywriting
Jenis copywriting yang ketiga ini biasanya sering ditemukan atau sering dipasang pada logo dan halaman “tentang kami”.
Brand copywriting merupakan copywriting yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah citra, value, dan identitas sebuah brand. Selain itu, copywriting jenis ini selalu menjadi pembeda sebuah brand dengan kompetitor. Misal contoh sederhananya yaitu slogan atau tagline brand.
–
4. SEO Copywriting
SEO Copywriting biasanya sering digunakan atau ditemukan pada landing page, deskripsi produk, dan kategori produk.
Copywriting jenis ini bertujuan untuk menarik perhatian calon customer dan memposisikan sebuah konten di Google. Copywriting yang ditulis pun harus memenuhi kaidah atau aturan SEO.
–
5. Technical Copywriting
Sudah masuk pada jenis yang kelima, copywriting jenis ini biasanya sering digunakan pada produk kesehatan, kecantikan, dan teknologi.
Copywriting jenis ini berfungsi untuk memberikan pemahaman secara deep atau mendalam tentang cara kerja sebuah produk atau layanan. Agar memahami produk atau layanan yang dipromosikan.
–
Sudah Siapkah Anda Menjadi Copywriter?
Setidaknya ada empat langkah yang wajib dilakukan jika ingin menjadi seorang copywriter;
- Mempelajari produk atau layanan yang ingin dituliskan atau dipromosikan (Product Knowledge)
- Memahami kebutuhan target market atau audiens pada produk atau layanan yang dipromosikan
- Menentukan headline yang powerfull, kreatif, dan memikat audience
- Mengakhiri teks dengan persuasi
Selain itu juga, setidaknya ada empat teknik copywriting yang perlu dipahami lagi lebih dalam agar copy menjadi lebih persuasif yaitu;
- AIDA
- Social Proof
- Slippery Slide
- Frequently Asked Questions
Jadi buat teman-teman yang ingin menjadi seorang copywriter, persiapkan dan bekali dulu mindset dan tekhnik copywriter teman-teman seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Terima kasih selalu meluangkan waktu untuk membaca artikel OrderOnline.id, semoga bermanfaat.