, ,

Sampingan: Potensi Usaha Bagi Karyawan yang Sibuk

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 21, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Harga kebutuhan hidup kian hari kian meningkat. Walaupun kamu telah menentukan budget bulanan, tetap saja kebutuhan yang tak terduga kerap muncul beberapa kali. Para pekerja pun ramai mencari usaha sampingan untuk menambah uang dapur serta kebutuhan mereka yang lain.

Beragam pekerjaan sampingan ini pun sebenarnya banyak tersedia. Hanya, mungkin kamu dan kebanyakan orang masih belum tahu cara menemukan serta memanfaatkannya. Tidak jarang, bahkan pekerjaan sampingan dapat memberikan bayaran yang lebih tinggi ketimbang gaji pokok bulanan yang kamu terima dari perusahaan.

Baca juga: Bisnis: Mencari Niche yang Tepat

Namun, sebelum kamu mulai mencari pekerjaan sampingan, terdapat 3 (tiga) poin penting yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, kamu harus coba memanfaatkan keahlian atau skill yang kamu miliki. Kedua, kamu juga bisa memanfaatkan hobi kamu untuk mencari peluang pekerjaan sampingan. Ketiga, kamu juga bisa memanfaatkan aset yang kamu miliki untuk menghasilkan uang tambahan.

Kamu masih sedikit bingung? Yuk, langsung saja simak pemaparan referensi jelasnya dari OrderOnline di bawah ini.

Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Skill

Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Skill

Referensi pertama untuk usaha sampingan kamu adalah dengan memanfaatkan skill alias keahlian yang kamu miliki. Beberapa contohnya seperti menjadi guru privat, penerjemah bahasa asing, hingga menjadi make up artist.

Untuk referensi keahlian ini bisa kita ambil contoh dari penerjemah bahasa asing. Bisa kita ambil contoh dari bahasa Jepang dengan range keahlian dari N5 – N1. Untuk kamu yang sudah memiliki keahlian bahasa Jepang sertifikasi dari JLPT ini, kamu bisa coba cari pekerjaan sampingan sebagai penerjemah teks atau script.

Kamu juga bisa coba untuk menerjemahkan komik alias manga ataupun anime Jepang sebagai pekerjaan sampingan kamu. Beberapa website di Indonesia juga kerap kali mencari penerjemah untuk menyisipkan subtitle terjemahan mereka ke dalam tayangan anime.

Selain menerjemahkan media hiburan dari Jepang, kamu juga bisa coba menjadi virtual assistant ataupun guide ketika kamu memiliki waktu luang yang lebih longgar.

Skill alias kemampuan bahasa sedang banyak dicari seiring menghilangnya penghalang dalam pertisipasi kita dengan masyarakat internasional. Dari sini, peluang untuk kamu menemukan pekerjaan sampingan yang cocok pun menjadi semakin luas.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa skill ataupun keahlian kamu. Untuk penyedia pekerjaannya, kamu bisa coba sambangi forum-forum online tempat berkumpul orang yang memiliki kemampuan yang sama dengan kamu.

Biasanya, dalam forum-forum ini akan membagikan pekerjaan sampingan terkait dengan kemampuan dari mayoritas anggota serta tema utama forum itu sendiri.

Jika kamu memiliki keahlian selain bahasa Jepang, kamu juga bisa coba untuk megikuti cara yang sudah OrderOnline paparkan pada poin ini.

Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Hobi

Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Hobi

Referensi usaha sampingan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan hobi kamu. Referensi hobi ini sendiri memiliki beberapa elemen yang bersinggungan dengan aspek skill alias kemampuan.

Bisa kita ambil contoh hobi menulis dan menggambar. Di zaman sekarang sudah banyak pekerjaan sampingan yang membutuhkan tenaga penulis dan illustrator. Namun, dengan hobi saja tidak bisa menjamin bahwa kamu capable alias mampu dalam mengerjakan pekerjaan tersebut bukan?

Standar mampu ataupun capable ini mungkin kurang jelas indikatornya. Namun, kamu bisa coba terlebih dahulu untuk mencari konsumen ataupun menawarkan jasa kamu kepada orang banyak. Jika kemampuan kamu dinilai mumpuni, pelanggan otomatis akan menginginkan jasa kamu.

Oleh sebab itu OrderOnline sebut bahwa aspek hobi ini sendiri juga sejalan dengan kemampuan alias skill yang kamu miliki.

Untuk contoh sampingan dari keahlian menggambar sendiri, kamu bisa coba membuka jasa berupa commission di media sosial seperti Instagram ataupun Twitter(X). Kamu bisa coba untuk posting beberapa hasil karya kamu terlebih dahulu. Dengan ini, calon customer kamu nantinya dapat melihat contoh hasil style dari karya gambar kamu.

Postingan kamu juga nantinya dapat berfungsi sekaligus sebagai halaman portofolio dari hasil karya gambar ataupun ilustrasi kamu.

Sementara untuk para penulis, kamu bisa coba menawarkan jasa tulisan kamu. Kamu juga bisa menjadi copywriter untuk konten sesuai permintaan dari calon pelanggan kamu. Untuk langkah awal, kamu bisa coba untuk sering-sering menulis dalam bentuk blog, website, ataupun postingan media sosial.

Untuk menampilkan beberapa karya tulisan kamu, kamu juga bisa mencoba beberapa website seperti Medium, Squarespace, ataupun WordPress.

Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Aset

Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Aset

Kira-kira barang apa saja yang kamu miliki? Laptop? Handphone? Kendaraan bermotor? Kamu bisa memanfaatkan semua barang-barang ini dalam usaha sampingan kamu.

Beberapa barang di atas mungkin telah menjadi aspek penunjang dari 2 (dua) poin referensi usaha sampingan yang telah OrderOnline paparkan di atas. Jadi, bisa dikatakan bahwa referensi ketiga ini juga memiliki hubungan yang penting dengan poin-poin referensi di atas.

Namun, untuk contoh dari referensi usaha sampingan menggunakan aset ini, OrderOnline akan coba menggunakan contoh yang sederhana.

Contohnya kendaraan bermotor. Jika kamu memiliki kendaraan bermotor yang tidak terpakai, kamu bisa coba sewakan kepada orang-orang yang membutuhkannya. Contoh orang-orang yang membutuhkan seperti pengemudi ojek online, kurir paket, hingga turis lokal ataupun asing.

Nantinya, kamu dapat menentukan kiranya tarif harian ataupun biaya sewa atas kendaraan bermotor milik kamu. Jika kamu tidak ingin repot, kamu juga bisa mencoba menampilkan jasa sewa kendaraan kamu di media sosial ataupun forum-forum online. Kamu juga bisa mencoba listing di portal marketplace jasa penyewaan kendaraan. Salah satu contohnya adalah Jennete Rent.

Setelah OrderOnline jelaskan beberapa referensi untuk memulai usaha sampingan, OrderOnline harap artikel ini dapat mendorong kamu untuk memanfaatkan waktu luang dengan lebih baik.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline untuk artikel kali ini. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 21, 2023

Diperbarui