Tujuan setiap jenis usaha adalah mencari laba, untuk memperlolehnya tentu saja harus diimbangi dengan pelayanan yang memuaskan. Arti customer bagi sebuah perusahaan sangat penting. Sederhananya, pengertian customer adalah pembeli yang membeli suatu produk atau jasa berulang-ulang. Karena diharapkan membeli berulang-ulang, maka tentu saja Seller harus memperhatikan kualitas pelayanan.
Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berpengaruh dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan (Tjiptono, 2001). Sehingga definisi kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen (Tjiptono, 2007).
Semua usaha yang berhubungan dengan pelanggan harus berkomitmen selalu Meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan dan kemudahan para pelanggan.Kepuasan yang dirasakan pelanggan biasanya akan membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Selain itu kepuasan pelanggan memungkinkan terbentuknya rekomendasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth) sehingga reputasi perusahaan akan baik dimata pelanggan.
Upaya untuk mewujudkan kepuasan pelanggan bukan hal yang mudah, Coftam (1993) menyatakan bahwa kepuasan konsumen tidak mungkin tercapai sekalipun hanya untuk sementara waktu, perlu upaya perbaikan dan penyempurnaan. Disamping memerlukan biaya yang tinggi untuk menarik pelanggan. Karena bukan hal yang mudah untuk merubah dan mengalihkan pelanggan dari produsen lain agar beralih kepada kita.
Strategi kepuasan pelanggan akan menyebabkan pesaing harus kerja keras dalam menarik pelanggan. Bukan saja sumber daya manusia yang harus kompeten tetapi, kepuasan customer akan tercapai jika dipenuhinya hal-hal berikut:
1. Arti Customer; Kualitas Produk
Kualitas produk yang dimaksud adalah keadaan barang atau produk dan jasa sesuai dengan yang konsumen harapkan. Artinya Apa di harapkan tentang suatu produk ada pada produk yang kita miliki, berikan kualitas produk yang sebaik-baiknya karena pelanggan akan kecewa jika produk yang mereka beli tidak sesuai. Bahkan konsumen mungkin akan memberitahukan kepada teman tentang produk tersebut sehingga akan berpengaruh terhadap pembelian berikutnya.
2. Harga Terjangkau
Customer akan membandingkan harga kita dengan harga yang lain, sehingga pelanggan bebas menentukan pilihan mereka. Berikan harga yang sesuai dengan harga pasar.
3. Arti Customer; Kualitas Pelayanan
Arti support bagi customert sangat penting. Hindari kebingungan pelanggan mengenai pelayanan, baik pelayanan langsung ataupun tidak langsung, gunakan sistem yang tepat dan mudah dimengerti oleh pelanggan, berikan pelayanan prima,ramah dan tepat waktu.
4. Garansi
Customer biasanya ingin kejelasan mengenai produk yang dibeli, apalagi produk tersebut berkaitan dengan kesehatan. Berikan jaminan keamanan mengenai produk anda, misalnya dengan mencatumkam Halal atau BPPOM. Ini akan memberikan ketenangan bagi pelanggan yang membeli, sehingga diharapkan adanya repeat order.
Keempat elemen tersebut dalam pemasaran produk disebut dengan bauran pamasaran. Elemen-elemen tersebut saling berkaitan sehingga bisa bersinergi menciptakan kepuasan pelanggan. Meskipun masih ada elemen-elemen lain terkait dengan produk.Untuk mencapai kepuasan pelanggan memang perlu dilakukan inovasi-inovasi dengan menggunakan strategi yang tepat.
Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diperhatikan banyak hal, apalagi berkaitan dengan pelanggan. Kepuasan pelanggan itu merupakan rasa, respon atau tanggapan pelanggan terhadap produk kita sehingga dengan terciptanya kepuasan pelanggan maka akan berdampak pada omzet, dan loyalitas pelanggan.
Keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai jika kepuasan customer telah dipenuhi.
Tingkat kepuasan pelanggan masing – masing memang berbeda meskipun mereka memerlukan produk yang sama. Jangan sampai pelanggan merasa tidak puas, bukan hanya pelanggan tidak akan melakukan repeat order tetapi yang lebih bahaya adalah jika pelanggan bercerita tentang pengalamannya kepada orang lain, sehingga pelanggan yang lain akan pergi dan calon pelanggan pun tidak ada.
Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diantaranya:
1. Relationship Marketing
Dalam strategi ini hubungan transaksi antara penyedia jasa dan konsumen berkelanjutan tidak berakhir setelah penjualan selesai, dengan kata lain dijalin suatu kemitraan jangka panjang secara terus menerus sehingga diharapkan dapat terjadi bisnis ulangan.
2. Strategi Superior Customer Service.
Perusahaan yang menerapkan strategi ini berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul dari para pesaingnya, untuk mewujudkannya dibutuhkan dana yang besar, kemampuan sumber daya manusia dan usaha yang gigih.
Sudah saatnya memperkuat kepercayaan customer dengan memberikan pelayanan dan produk yang baik karena ini merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan pembelian ulang bagi para customer. Jangan buat kecewa customer. Untuk mencapai tujuan bisnis anda, ciptakanlah kepuasan customer agar hubungan menjadi harmonis dan tujuan bisnis anda tercapai.
Semoga artikel yang telah kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
–
Featured Image by Business photo created by prostooleh – www.freepik.com