Apa pengertian marketing? Sederhananya, marketing bisa diartikan sebagai perpaduan berbagai aktivitas yang saling terkait, dimana tujuannya untuk mengetahui target market dan kebutuhan pasar agar bisa lebih mudah menjual produk atau sekedar membesarkan sebuah perusahaan.
Lalu apa yang dimaksud dengan marketing plan? Bagaimana pengaruh marketing plan terhadap sebuah bisnis?
Sederhananya seperti ini, perusahaan dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk, harga, service, dan iklan dari informasi yang telah didapat dari aktifitas marketing. Dimana bertujuan agar kebutuhan pasar terpenuhi dan perusahaan mendapatkan keuntungan yang mencapai target atau bahkan melebihi target.
Nah, tim OrderOnline telah merangkum beberapa langkah atau tahapan untuk membuat sebuah marketing plan agar kalian bisa memahami target lebih besar dan lebih jelas.
1. Marketing; Skema Bisnis
Business photo created by freepik – www.freepik.comLangkah pertama yang harus dilakukan adalah menulis dan menggambar sedetail mungkin skema bisnis apa yang akan anda jalankan ke depannya. Dari sini anda akan mendapatkan gambaran besar dari bisnis yang ingin anda jalankan, sistem apa yang ingin anda terapkan, dan yang paling penting, tujuan dari bisnis anda.
2. Marketing; Target Market
Setelah mengetahui secara detail dan jelas skema bisnis anda, langkah kedua adalah juga mengetahui secara detail dan jelas target market bisnis anda. Misalnya, bisnis anda menjual produk baju batik modern. Anda harus mengenali siapa saja orang-orang yang akan membeli produk anda, dari segi jenis kelamin, usia rata-rata, pekerjaan, asal daerah dan masih banyak lagi informasi yang bisa anda rangkum.
Jika anda melakukan kesalahan kecil seperti tidak menargetkan target market anda dengan tepat, maka bisnis anda akan stagnan. Jadi lakukan hal yang tepat sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.
3. Analisis Kompetitor
Mungkin sudah banyak perusahaan yang bidang bisnisnya sangat persis dengan bisnis yang anda jalankan. Ini bisa menjadi pelajaran. Sama seperti memahami target pasar, anda pun harus mengetahui siapa sih kompetiotr anda, mulai dari produk dan pelayanan yang disediakan hingga apa yang akan mereka kembangkan.
Anda bisa memikirkan pembeda dari bisnis anda dengan kompetitor, lebih meningkatkan kualitas atau kuantiti dan banyak lainnya. Ingat! Kemajuan kompetitor bukan untuk membuatmu merasa down, namun ini adalah referensi yang memang diperlukan dalam perkembangan bisnis.
4. Tim Hebat
Membuat tim marketing adalah jalan pintas bagi pebisnis, daripada melakukan semua dengan isi kepala sendiri atau dengan asumsi dan analisis sendiri.
Anda perlu merekrut orang-orang yang mempunyai nilai lebih dari bidang yang anda inginkan. Biasanya, dalam tim marketing, yang paling penting adalah menghadirkan Analisis Marketing, Copy Writer, dan Desainer.
Buatlah tim kecil yang konsisten dan punya visi misi yang sama dengan anda. Perusahaan besar indonesia seperti Gojek misalnya, juga berawal dari tim yang sangat minim.
Setelah memahami semua tahapan di atas, langkah pertama adalah DO IT!!
–
Featured Image by Business photo created by tirachardz – www.freepik.com