, ,

Bisnis: Peluang Bisnis Offline di Pedesaan

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 15, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Walaupun terbilang jauh dari peradaban dengan infrastruktur yang terbatas, tinggal di pedesaan tentunya memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Mulai dari ketenangan karena jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, hingga sumber dayanya yang melimpah.

Buat kamu para pebisnis yang berpindah dari area perkotaan dan mulai tinggal di desa, tenang. Pada artikel kali ini OrderOnline akan bagikan beberapa ide bisnis offline untuk mendulang cuan di daerah pedesaan.

Baca juga: Bisnis: Mencari Niche yang Tepat

Daripada berlama-lama, yuk langsung saja OrderOnline bagikan beberapa idenya.

Warung Angkringan Plus Wifi

Ide Bisnis Warung Angkringan Plus WiFi OrderOnline

Warung angkringan murah meriah menjadi salah satu tempat pilihan masyarakat desa untuk melepas penat sekaligus mengisi waktu luang. Nantinya, kamu bisa coba sajikan nasi serta lauk pauk dengan harga terjangkau. Jangan lupa juga aneka gorengan serta minuman hangat dan dingin.

Warung angkringan kamu nantinya bisa menjadi wadah berkumpul warga desa sembari makan dan minum sehari-hari. Dengan pilihan makanan serta cemilan yang lengkap, ditambah kopi dan minuman dingin, tentunya warga akan betah berlama-lama di warung angkringan kamu.

Kemudian, agar omset dagangan lebih meningkat dan warga lebih betah, kamu bisa tambahkan akses WiFi di warung angkringan kamu. Internet gratis di mana pun akan dapat menarik pelanggan, terlebih lagi di daerah pedesaan.

Setelahnya, kamu hanya perlu memastikan denah warung serta tempat duduk dan meja kamu memiliki nuansa yang senyaman mungkin. Hal ini tentu agar para warga desa lebih betah berlama-lama di warung kamu.

Dengan jurus jitu bisnis angkringan di atas, warung angkringan kamu pun akan lebih mudah menarik warga desa untuk mampir lebih sering.

Beternak Ayam Kampung

Ide Bisnis Beternak Ayam Kampung OrderOnline

Untuk ide bisnis offline di pedesaan selanjutnya adalah ternak ayam kampung. Kamu mungkin sudah tahu keunggulan dari ayam kampung yaitu kualitas nutrisi serta rasanya yang lebih enak. Daging ayam kampung pun lebih aman dari berbagai penyakit sehingga menjadikannya pilihan yang lebih unggul ketimbang ayam negeri.

Maka, sudah tidak heran bahwa daging ayam kampung selalu menjadi pilihan dan terus dicari oleh masyarakat.

Berangkat dari kepopuleran ayam kampung inilah menjadikan ternak ayam kampung sebagai bisnis yang potensial dilakukan di desa. Kamu bisa bekerjasama dengan restoran di kota yang menjual ayam kampung sebagai bahan dari menu utamanya. Carilah sebanyak mungkin.

Setelah menemukan rekan restoran potensial, kamu bisa mulai menawarkan produk ayam kampung kamu. Jika restoran atau rumah makan di daerah perkotaan sudah banyak berlangganan ayam kampung kamu, seterusnya kamu hanya perlu menjaga kualitas ternak kamu agar tetap bagus serta berkualitas.

Selain sebagai bisnis, kamu juga bisa memotong pengeluaran dengan mengkonsumsi ayam kampung produksi sendiri.

Budidaya Jamur Tiram

Ide Bisnis Budidaya Jamur Tiram OrderOnline

Budidaya jamur tiram adalah salah satu potensi bisnis yang OrderOnline rasa sangat cocok dilakukan di daerah pedesaan. Usaha ini juga tidak akan memakan modal yang terlalu besar dari kantong kamu.

Selain murah, bahan baku yang kamu butuhkan bahkan banyak tersedia di desa. Mulai dari serbuk kayu, kapur, serta dedak yang biasanya digunakan masyarakat sebagai pakan ternak.

Rumah serta lahan di desa pun terbilang luas sehingga bisa kamu manfaatkan untuk membangun kumbung tempat menyimpan bag log budidaya jamur tiram kamu. Untuk proses detail dari budidaya jamur tiram juga bisa kamu pelajari secara otodidak karena terbilang mudah.

Setelah kamu bisa dengan stabil produksi jamur tiram dengan output hasil panen yang memadai, kamu pun bisa mulai mencari channel-channel untuk menjual hasil panen jamur tiram kamu ke daerah lain.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang tata cara bisnis budidaya jamur tiram, kamu juga bisa baca artikel dari OrderOnline di bawah ini:

Baca juga: Bisnis: Tips Budidaya Jamur Tiram Pendulang Rupiah

Setelah OrderOnline bagikan beberapa ide bisnis offline di desa, OrderOnline harap untuk kamu yang tinggal di daerah pedesaan agar tetap terus semangat. Jangan jadikan keterbatasan sebagai alasan untuk kamu tidak bergerak maju.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline untuk artikel kali ini. Kamu juga bisa baca artikel dari OrderOnline tentang bisnis dan beragam topik lainnya dengan klik di sini.

Have a nice day & see you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 15, 2023

Diperbarui