TikTok Ads; Mengetahui Cara Kerjanya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Dengan banyak jumlah pengguna TikTok saat ini, Sudah saatnya kamu menggunakan peluang TikTok sebagai media marketing. TikTok Ads adalah pilihan tepat jika kamu bisa memaksimalkan peluang besar ini. Namun, sebelum membahas cara kerja dan panduan beriklan, kita bahas dulu pengertian dan kegunaannya.

Apa itu TikTok?

Sebuah aplikasi social media yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek dengan memberikan beberapa tampilan special effects yang unik dan menarik. Pengguna juga dapat secara pasif menelusuri hasil video TikTok pengguna lain di feed.

Berdasarkan data AppAnnie, TikTok memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Data yang cukup luar biasa.

Siapa Saja Pengguna TikTok?

Pengguna TikTok rata-rata berusia di bawah 30 tahun, sebesar 41 persen berusia antara 16 sampai 24 tahun. Di usia ini, kebanyakan memiliki kebiasaan daya beli yang tanpa pikir panjang.

Pengguna TikTok tidak hanya berasal dari kalangan biasa, banyak artis yang telah menjadi pengguna TikTok. Karena semua kalangan sudah berpartisipasi, TikTok sudah sangat tepat dijadikan sebagai media pemasaran, Karena target yang sangat luas. 

Apakah Beriklan di TikTok Worth It?

Sejak awal 2019, beberapa brand besar seperti Nike, Grubhub, Fenty Beauty, dan Apple Music mulai beriklan di TikTok. Iklan TikTok terdiri dari beberapa jenis;

  • Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai sesaat setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feed ads: Iklan Video yang akan muncul saat pengguna scroll feed
  • Promoted hashtag challenges: Video yang akan mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
  • Branded effects: Filter efek khusus yang digunakan oleh pembuat konten di video yang menampilkan informasi khusus brand

Jika kamu sudah punya modal untuk menggunakan TikTok Ads, berikut panduan dan cara memanfaatkan TikTok untuk marketing bisnis kamu.

Panduan TikTok Ads

1. Buat Akun Iklan TikTok

tiktok ads

Daftar akun TikTok ads terlebih dahulu. Agar kamu dapat menggunakannya untuk mengelola dan mengatur iklan nantinya. Cukup mengisi detail informasi sesuai yang diminta.

2. Buat TikTok Ad Campaign

Pada dashboard Iklan akunmu, klik tab Campaign (kampanye) di bagian atas halaman, Kemudian klik tombol Create New (buat baru). Selanjutnya, pilih tujuan iklanmu. Apakah traffic, conversions, atau app instal.

tiktok ads

Kemudian pilih opsi anggaran harian atau total anggaran. Minimal $ 500 untuk anggaran harian.

3. Setting Placement, Detail, dan Target Iklan TikTok

Kelebihan beriklan di TikTok Ads adalah dapat menjalankan iklan di beberapa platform lain yang bermitra dengan TikTok seperti Vigo Video, Buzz Video, News Republic, dan beberapa platform lainnya.

Untuk penempatan iklan. Kamu dapat membuatnya secara otomatis. Nantinya, TikTok akan mengarahkan sendiri ke mana sebaiknya iklan kamu dimunculkan.

Untuk menjalankan iklan, masukkan semua detail mengenai iklanmu. Masukan kata kunci yang sesuai dengan target market dan paling relevan agar TikTok dapat membantu menemukan audiens yang paling tepat.

4. Kontrol Pengeluaran Iklan, Durasi, dan Tujuan

Beriklan di TikTok cukup mahal, jika kamu memiliki budget iklan $500/hari maka bagilah menjadi beberapa bagian(grup). Setiap iklan (bagian) setidaknya memiliki anggaran masing-masing $50 untuk anggaran harian.

tiktok ads

Tentukan juga durasi tampilan berjalannya iklanmu secara harian atau mingguan.

Manfaatkan Smart Optimization yang tersedia untuk memaksimalkan iklanmu. Fitur ini dapat memaksimalkan konversi secara terus-menerus.

5. Desain Iklan Menggunakan Aplikasi Tiktok

Untuk membuat aset kreatif untuk iklanmu, prosesnya cukup mudah. Iklan yang akan tampil dapat berupa video dan gambar berbentuk horizontal, vertikal, atau persegi. Lihat beberapa referensi Video Creation Kit di youtube.

Bagaimana teman-teman sekalian? Sudah siap membuat tiktok ads sebagai wadah baru dalam marketing bisnismu? Selamat mencoba yah. Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih 🙂

Featured Image by dailymail.co

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram