Mencari Produk dari Marketplace? Ini Tipsnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Kamu kepikiran mau jualan dengan produk dari marketplace? Nah, sebelum memulai berjualan dengan menggunakan produk dari marketplace, kamu wajib tahu dulu tips mencari produk dari marketplace!

Kenapa harus tahu dulu tips mencari produk dari marketplace? Kalau kamu asal ngambil produk dari marketplace, banyak kemungkinan-kemungkinan negatif yang akan kamu dapatkan. Seperti masalah tekhnis sampai pada penipuan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut kami sediakan nih tips mencari produk dari marketplace untuk teman-teman sekalian;

Baca juga: Berjualan Online? Hadapi 5 Tantangan Berikut

Reputasi Toko

mencari produk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan toko yang ingin kita jadikan sebagai penyedia produk mempunyai reputasi yang baik alias tidak abal-abal. Bagaimana cara melihat reputasi sebuah toko di marketplace?

Salah satu contohnya adalah jika toko yang sudah menghasilkan lebih dari 3.000 penjualan, maka syarat reputasinya pun terpenuhi. Hal ini bisa kamu cek di toko-toko yang tersedia di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Baca juga: Punya Produk? Mau Ditampilkan Dimana?

Harga Produk

Langkah kedua adalah carilah harga sebuah produk yang ingin dijadikan produk jualan dengan harga sebesar Rp 50.000 s.d Rp 200.000. Kenapa demikian? Agar kamu dapat menaruh margin minimal Rp 60.000. Hal ini dilakukan agar harga tertinggi penjualan masih masuk akal (dibawah Rp 300.000).

Berat Produk

Langkah ketiga yang juga tidak kalah penting adalah memastikan produk yang dipilih untuk dijual memiliki berat maksimal 1.300 gram. Hal ini perlu dilakukan agar ongkos kirim tidak memberatkan kamu. Hal ini juga dapat mempengaruhi keputusan calon customer membeli produk kamu lebih cepat.

Sebab biasanya, calon customer akan berpikir dua kali untuk membeli sebuah produk ketika biaya ongkos kirim agak memberatkan. Maka carilah produk yang tidak berbeli-belit dalam penentuan ongkos kirim.

Penilaian Produk dan Toko

mencari produk

Beberapa orang ketika mengambil produk dari sebuah marketplace, tidak terlalu memerhatikan penilaian produk dan toko. Hal ini punya resiko yang akan merugikan ke depannya, maka kamu wajib memeriksa penilaian produk dan toko yang akan kamu pilih.

Cari lah produk dan toko yang memiliki penilaian bagus dengan penilaian di atas 70%. Hal ini untuk meminimalisir komplain calon customer terhadap produk.

Baca juga: Sumber Produk Untuk Jualan Online

Komentar Positif

Kamu pasti sering melihat terlebih dahulu komentar-komentar penilaian sebelum membeli produk kan? Nah, hal ini juga harus kamu lakukan ketika ingin mengambil produk dari marketplace. Pastikan toko yang kamu pilih memiliki banyak komentar positif, jika kolom comment memiliki rata-rata komentar-komentar yang positif, Gaskeuun!

Sebelum memulai berjualan dengan mengambil barang dari marketplace, ada baiknya teman-teman sekalian memerhatikan langkah-langkah yang telah di bahas. Jika teman-teman tidak memedulikan langkah-langkah di atas, kemungkinan resiko negatif akan didapat di kemudian hari. Jadi, lebih baik memerhatikan segala aspek di awal demi pencapaian maksimal di hari-hari berikutnya. Selamat berjuang, semoga sukses.

Baca juga: Berjualan Online? Hadapi 5 Tantangan Berikut

Featured Image by Education photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram