Bebas Finansial ala Tony Robbins

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Merdeka finansial atau bebas finansial adalah impian setiap orang. Namun, ada salah satu kesalahpahaman yang paling umum yang sudah tertanam bahwa untuk mencapai kebebasan finansial seseorang harus mulai menabung dengan sejumlah uang yang besar.

Hal inilah yang disoroti oleh penulis dan pembicara ternama Tony Robbins melalui bukunya 7 Steps to Financial Freedom (7 Cara Mencapai Kebebasan Finansial).

Dalam bukunya, Tony mewawancarai 50 ahli finansial terkenal termasuk Warren Buffet, Charles Schwab, Steve Forbes, dan pendiri Vanguard John Bogle. Melalui bukunya, Robbins ingin “membantu orang-orang biasa untuk lepas dari semua kompleksitas dan mitologi yang berkembang di masyarakat, dan menunjukkan pada mereka bahwa orang-orang terbaik di muka bumi ini bisa memberikan petunjuk dan langkah-langkah menuju posisi finansial yang mereka inginkan (bebas finansial).”

Hal yang paling ditonjolkan dalam buku ini 7 cara dalam mencapai kebebasan finansial. Berikut uraian singkatnya:

1. Jadilah seorang investor, bukan konsumen

bebas finansial

“Jangan ingin memiliki ponsel Apple, inginlah memiliki Apple.”

Ttidak ada seorangpun yang bisa menjadi kaya jika mereka hanya menjadi konsumen. Anda hanya akan menambah pundi-pundi orang kaya yang mengambil keuntungan dari para konsumen seperti Anda.

Jangan hanya menghabiskan uang, tetapi buatlah uang Anda berkembang. Untuk bisa melakukannya, Anda harus berhenti menjadi konsumtif dan mulai berinvestasi. Misalnya dengan membeli saham Apple, bukan produk mereka.

2. Jadilah ahli dalam investasi

“Dalam dunia finansial, segala yang tidak Anda ketahui akan melukai Anda. Tetapi begitu Anda memahami semua itu, Anda akan bisa mengambil keuntungan dari sistem tersebut, bukan sebaliknya.”

Pahami aturannya sebelum mulai bermain. Begitu Anda memutuskan unuk menjadi seorang investor, Anda harus tahu seluk beluk pasar saham. Pelajari konsep-konsep seperti reksa dana, saham, reksa dana indeks, dan jenis-jenis investasi lainnya. Perhatikan juga hal-hal kecil seperti biaya investasi yang harus dibayarkan dan perhitungkan apakah hasil investasi Anda tetap menguntungkan setelah semua biaya tersebut.

3. Ciptakan permainan yang bisa dimenangkan

bebas finansial

Di tahap ini Anda harus memperhitungkan dengan pasti berapa sih dana yang akan Anda butuhkan untuk mencapai bebas finansial. Banyak orang melakukan kesalahan dengan membuat angka yang mustahil untuk mereka capai, sehingga menjadi alasan mereka untuk terus menunda menabung dan berinvestasi.

4. Mengevaluasi alokasi aset

“Anda harus membuat daftar keinginan. Anda harus tahu dimana menyimpan uang Anda untuk membuatnya tetap aman dan dimana mengembangkan uang Anda dengan sedikit resiko di dalamnya.”

Sebelum Anda mengambil langkah untuk investasi, pahami dulu alokasi aset Anda. Pilihlah alokasi yang paling sesuai dengan toleransi resiko Anda untuk membantu mencapai tujuan dalam jangka waktu yang ideal.

5. Buatlah rencana pendapatan seumur hidup

bebas finansial

“Pendapatan adalah hal yang paling penting. Aset Anda tidak bisa memberi Anda makan atau uang untuk liburan ke luar negeri. Fokus Anda harus ada pada pendapatan. Komunitas investasi selalu ingin Anda berpikir tentang bagaimana menyimpan uang dalam bentuk aset.”

Pastikan Anda tidak akan kehilangan pendapatan selama hidup. Buatlah rencana pendapatan seumur hidup bagi diri sendiri, dari mana saja sumbernya. Misal menyewakan rumah atau bangunan yang dimiliki.

6. Berinvestasilah seperti kaum .001%

“Artinya, Anda harus belajar investasi dari orang-orang terbaik di dunia (orang-orang yang diwawancarai dalam buku tersebut), aplikasikan semua yang sudah Anda pelajari mereka dan Anda akan mencapai keamanan finansial secara lebih cepat dari yang Anda perkirakan.”

Jika ingin belajar investasi, jangan belajar dari rekan kerja Anda. Belajarlah dari yang terbaik melalui wawancara, video, pidato, sampai keputusan investasi yang mereka publikasikan seperti surat tahunan Warren Buffet kepada para shareholder-nya di Berkshire Hathaway.

7. Lakukan, Nikmati, dan Bagi

“Mulailah dari tempat Anda, dan Anda akan mulai menemukan lebih dari cukup.”

Di antara ketujuh prinsip yang dituliskan, inilah ide Tony yang paling cemerlang. Lakukan saja, mulailah hari ini. Untuk mulai mengembangkan kekayaan, Anda tidak perlu menunggu. Semakin awal Anda berkomitmen, maka semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mengembangkan uang Anda.

Pada akhir bagian bukunya, Tony menganjurkan pada semua pembaca untuk mengedukasi diri mereka dengan investasi. Karena hanya ada dua pilihan: “Kuasai uang atau uang yang menguasai Anda.”

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Selamat mencoba berinvestasi agar bebas finansial dan selamat berjuang. Terima kasih 🙂

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram