Marketing plan yang efektif adalah suatu perencanaan yang disusun dan disimpulkan berdasarkan analisa pada suatu kondisi atau situasi market terhadap produk atau jasa sebuah perusahaan.
Kemudian dari situlah diterapkan sebuah metode penawaran atau penjualan produk berdasarkan perencanaan tersebut. Dengan sebuah tujuan bahwa jumlah produksi atau jualan bertambah dan profit pun semakin meningkat sehingga bisa mencapai atau melampaui target utama.
Berikut pentingnya menentukan marketing plan segmentasi pasar;
- Segementasi memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dengan menganalisa hasil pengelompokan segmen market, perusahaan mempunyai peta strategis untuk menetapkan segmen mana yang akan didahulukan ataupun dilayani terlebih dahulu. Perusahaan juga dapat memetakan kompetitor dan menentukan posisi perusahaan dalam market;
- Hasil analisa dari segmentasi menjadi dasar dalam menentukan langkah strategis berikutnya. Hal ini akan menjadi acuan dalam menentukan posisi perusahaan;
- Segmentasi merupakan faktor utama untuk menjadi lebih unggul dari kompetitor, dengan memandang market dari sudut yang lain dan menerapkan cara yang berbeda dari yang dilakukan oleh kompetior;
Syarat segmentasi yang efektif menurut Kohler (2003);
- Measurable (terukur), berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen, serta ukuran alokasi sumber daya;
- Substansial, segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani;
- Accessibel (dapat diakses), berarti segemn tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani;
- Differentiable (dapat dibedakan), artinya segmen dapat dibedakan dengan jelas;
- Actionable (dapat dilayani), segemn dapat dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan;
Pentingnya marketing plan terget market;
Langkah berikutnya adalah menentukan strategi pemasaran. Setelah proses identifikasi segmen market, berikutnya adalah mengevaluasi jenis-jenis segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target market.
Hal ini perlu diterapkan dalam membuat strategi pemasaran. Ketika mengevaluasi segmen market yang berbeda perusahaan harus melihat dua faktor yaitu;
- Faktor daya tarik market secara keseluruhan;
- Faktor tujuan dan resource perusahaan;
Perusahaan harus melihat apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik yang secara umum menarik.
Seperti ukuran, pertumbuhan, profitabilitas, skala ekonomi, resiko yang rendah dan hal lainnya. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan tujuan serta sumber daya perusahaan, apakah berinvestasi dalam segmen tersebut atau tidak sama sekali.
Sekian artikel yang telah kami sediakan untuk teman-teman, semoga bermanfaat.
–
Featured Image by Business photo created by freepik – www.freepik.com