Komunikasi Bisnis; Value Penting Dalam Berbisnis!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Tidak bisa dipungkiri, bahwa komunikasi bisnis dapat menjelma menjadi value yang bermakna dalam urusan bisnis, Bukan hanya berpengaruh pada internal, juga sangat berpengaruh pada eksternal bisnis.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seorang pengirim pesan atau yang disebut sebagai komunikator kepada penerima pesan atau sasaran yang disebut sebagai komunikan.

Baik secara langsung melalui lisan maupun secara tidak langsung dengan menggunakan media, yang bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran orang lain, mengubah sikap, dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.

Komunikasi juga dapat disebut sebagai proses pertukaran pesan antara dua orang atau lebih, baik secara langsung maupun melalui media (kompasiana).

Sedangkan komunikasi bisnis merupakan pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal. Hal ini harus atau ada untuk melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut (wikipedia).

komunikasi bisnis
Business vector created by macrovector – www.freepik.com

Jika ingin memiliki gambaran yang lebih besar lagi, berikut beberapa penjelasan komunikasi bisnis menurut Para Ahli;

  • Menurut Katz, komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial. Artinya, komunikasi tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan untuk terjadi perdagangan;
  • Djoko Purwanto berpendapat bahwa komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang terdiri atas berbagai macam bentuk komunikasi. Baik verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan yang ada;
  • Menurut William C. Himstreet bersama koleganya. Komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut);
  • Menurut Rosenbalt. Sebuah proses pertukaran ide-ide atau opini, informasi, perintah dan sejenisnya, yang diutarakan baik secara personal ataupun tidak melalui tanda-tanda atau simbol tertentu demi mencapai tujuan-tujuan perusahaan tertentu;
  • Wyne Murlin Baty adalah orang yang membantu Himstrees merumuskan tentang komunikasi bisnis. Seperti rekannya, ia juga berpendapat bahwa komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang biasa (dipakai, dikenal, digunakan) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan (yang dapat dipahami oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi tersebut);

Dari kesimpulan di atas, komunikasi bisnis memiliki cakupan yang sangat luas, menjelma jadi strategi bisnis dan administrasi bisnis. Wajib dijalankan semua stakeholder perusahaan. Bukan hanya bertumpu pada pimpinan atau pemgambilan keputusan, melainkan dari semua sisi perusahaan.

Kami memandang bahwa Sistem komunikasi yang maksimal bisa dibangun dengan pembentukan sebuah tim untuk meriset dan merancangnya. Lalu menerapkannya pada perusahaan.

Jika anda tertarik memulainya, mulailah membuat konsep sebuah sistem komunikasi dengan tim anda. Lalu terapkan segera.

Featured Image by Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram