Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Instagram marketing sangat penting untuk perkembangan bisnis online Anda. Tapi masih ada sebagian pebisnis online yang kurang memaksimalkan dan tidak mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan.

Berikut 5 (lima) langkah Instagram marketing yang kami sarankan dan semoga bisa Anda realisasikan secepatnya >>>

1. Instagram Marketing; Gunakan Akun Bisnis

Selain memudahkan calon konsumen untuk menghubungi bisnis Anda, akun IG bisnis juga memberikan kesan lebih profesional. Yang paling penting adalah ada beberapa fitur yang tak ada di akun Instagram pribadi.

Seperti membuat Instagram Ads dan mengakses Insights. Insights ini berguna untuk menganalisis dan memberikan statistik mengenai akun Anda .

Lalu lakukan optimasi profil bisnis dengan beberapa cara berikut;

  • Gunakan username yang simpel dan mudah dikenali
  • Gunakan foto profil brand
  • Bio yang menarik dan informatif
  • Masukkan CTA (call to action)
  • Sisipkan link di bawah CTA

2. Optimasi Feed dan Stories

instagram marketing

Jika ingin mengoptimalkan feed Instagram, berikut beberapa jenis konten feed yang bisa jadi referensi. Baiknya dibuat dan dimaksimalkan semua;

  • Foto dan Video Edukasi
  • Konten dari Influencer
  • Gambar dari Follower (regram)
  • Gambar Saat Hari Peringatan
  • Video yang Menghibur
  • Foto dan Video Behind-the-Scene

Sedangkan jika ingin mengoptimalkan Instagram stories, berikut beberapa jenis konten yang bisa jadi referensi. Baiknya dibuat dan dimaksimalkan semua;

  • Pengumuman
  • Polling
  • Tanya jawab dengan Follower
  • Swipe Up
  • Kontes
  • Instagram Story Highlights

3. Instagram Marketing; Optimalkan IG Live dan IG TV

instagram marketing

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 80% orang lebih memilih menonton siaran langsung dari sebuah brand tertentu daripada membaca artikel di blog. Ini adalah poin penting yang sangat membantu.

Ketika Anda siaran langsung maka posisi stories menjadi yang terdepan dibandingkan stories lainnya. Jadi, live Anda benar-benar akan menjadi hal pertama yang follower lihat saat membuka Instagram.

Anda bisa mengumumkan produk baru, event, hingga menjalankan sesi tanya jawab secara langsung atau give away dengan follower.

Sedangkan untuk IGTV Anda bisa menggunakannya untuk berbagi video promosi produk, tutorial, behind the scene, ataupun untuk berbagai info mengenai bisnis Anda.

IGTV memiliki durasi yang jauh lebih panjang sehingga bisa memberikan Anda ruang untuk berkreasi. Disarankan agar menyiapkan baik-baik skrip video sebelum mengunggahnya.

4. Maksimalkan Instagram Ads

Promosikan postingan yang telah Anda pilih sesuai keperluan bisnis Anda dengan menggunakan Instagram Ads.

Ada dua cara untuk membuat Instagram Ads, pertama melalui Facebook Ads Manager dan kedua langsung melalui Instagram itu sendiri. Kedua cara tersebut membutuhkan Facebook Page, jadi pastikan dulu Anda sudah membuat halaman terkait bisnis Anda di Facebook.

5. Instagram Marketing; Bekerjasama dengan Influencer

Berdasarkan hasil sebuah riset, orang Indonesia lebih percaya dengan review Influencer daripada iklan biasa. Serta, 69,3% warga Indonesia juga telah menggunakan produk atau brand yang pernah direview oleh influencer.

Ingat, melalui influencer, jangkau audiens akan menjadi lebih luas. Dan tentu akan berpengaruh pada engagement dan brand awareness Anda.

Selain 5 poin di atas, ada poin paling penting lagi yaitu posting konten atau live di waktu yang tepat. Untuk mengetahui waktu yang tepat bagi Instagram bisnis Anda, mudah saja, cek semuanya di Insights. Sesuaikan waktu posting dengan target audiens Anda.

Featured image by Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram