Perbedaan Penjualan dan Pemasaran? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebelum membahas konsep perbedaan penjualan dan pemasaran. Ada baiknya kita mengatahui definisi masing-masing agar memiliki gambaran yang jelas.

Penjualan (sales) adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti penjualan langsung, dan melalui agen penjualan (wikipedia).

Sedangkan Pemasaran (marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum (wikipedia).

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya, namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa.

Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk, penetapan harga, pengiriman barang, dan mempromosikan barang.

Lalu apa garis besar perbedaan penjualan dan pemasaran?

perbedaan penjualan dan pemasaran

Aktivitas penjualan (sales) hanya fokus pada penjualan produk dan meningkatkan penjualan. Sementara aktivitas pemasaran (marketing) mencakup keseluruhan sistem dalam bisnis dengan proses yang lebih panjang dan kompleks. Proses sales hanya merupakan salah satu dari bagian promosi, sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang menunjang pemasaran.

Konsep Penjualan yaitu memfokuskan pada penjualan. Karena itu, konsep ini lebih mengedepankan produk yang dibuat sebaik-baiknya, kemudian belakangan dipikirkan bagaimana cara menjualnya.

Sedangkan Konsep Pemasaran yaitu memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya.

Jadi secara garis besar, konsep pemasaran lebih memiliki cakupan besar dibanding konsep penjualan. Meskipun kedua konsep tersebut sama-sama berusaha dalam meningkatkan penjualan ataupun branding image.

Semoga artikel yang kami sediakan, bermanfaat bagi teman-teman.

Featured Image by Woman photo created by drobotdean – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram