Setelah pada postingan sebelumnya kita membahas pengertian dan tahapan-tahapan marketing funnel, kali ini kita akan membahas tentang tips optimasi marketing funnel.
Tips optimasi ini bisa Anda coba untuk memaksimalkan tahapan-tahapan dari marketing funnel bisnis Anda.
Berikut tips optimasi di setiap tahap customer journey. Semoga membantu teman-teman sekalian >>>
–
1. Tahap Awareness
Tahap awal ini membolehkan Anda untuk menjangkau sebanyak mungkin calon customer. Dalam tahap ini setidaknya Anda harus menjawab tiga pertanyaan calon customer seperti;
- Siapa Anda? Apa yang Anda jual?
- Kenapa target market harus peduli pada produk yang ditawarkan?
- Apa yang target market dapatkan ketika memakai produk Anda? Apa yang target market lewatkan ketika tidak memakai produk Anda?
Oh iya, pastikan Anda sudah memiliki target pasar yang cukup spesifik. Jika targetnya terlalu general, maka sama saja artinya Anda tak menyasar siapa-siapa.
Kami merekomendasikan dua cara promosi untuk tahap ini;
- Maksimalkan Content Marketing
- Traditional Public Relations
–
2. Consideration
Consideration adalah tahap ketika customer menimbang-nimbang dan membandingkan produk Anda dengan yang lain. Tahap ini baiknya Anda menampilkan secara maksimal fitur dan kelebihan produk.
Contoh kalimat penawaran yang tepat untuk tahap ini seperti berikut;
“Produk saya paling bagus jika dibandingkan dengan produk A, B, C, D.” Ubah menjadi kalimat “Anda akan mendapatkan A, selain itu produk ini juga menyediakan B, C, D.”
Kami merekomendasikan empat cara promosi untuk tahap ini;
- Blog
- Media Sosial
- Website
- Email Marketing
–
3. Tahap Purchase
Di tahap pembelian ini, fokus Anda hanya memastikan agar proses transaksi berjalan cepat dan lancar. Jadi jangan pernah memberikan terlalu banyak opsi atau tombol di halaman check-out. Hindari juga untuk menyambungkan halaman pada konten yang kurang relevan.
Kenapa tidak boleh muluk-muluk? Karena jika proses pembelian terlalu lama akan menyebabkan risiko kehilangan konsumen.
Kami merekomendasikan empat cara promosi untuk tahap ini;
- Promo
- Upselling
- Reminder
- Live chat
–
4. Retention
Sebuah survei mengungkapkan bahwa 80 persen keuntungan bisnis didapatkan dari 20 persen customer lama. Yap benar, lebih mudah menggaet customer lama dibanding mencari customer baru.
Kualitas produk dan layananlah yang membuat customer lama selalu berulang membeli sebuah produk. Brand yang berhasil dalam tahap ini adalah Apple dengan produk Iphone dan Macbooknya.
Kami merekomendasikan tiga cara promosi untuk tahap ini;
- Reward/ Poin
- Rekomendasi produk
- Pusat bantuan
–
5. Tahap Advocacy
Merupakan tahap akhir dalam marketing funnel. Akan tetapi, di saat yang bersamaan, tahap ini juga membuka peluang untuk funnel baru. Dan bagusnya lagi, funnel baru ini terbentuk karena customer.
Kami merekomendasikan tiga cara promosi untuk tahap ini;
- Review
- Referral
- Reseller
–
Featured image by People photo created by lifeforstock – www.freepik.com