Syarat & Ketentuan Logistic OrderOnline

Halo Business Owner, Selamat Datang Di OrderOnline

Misi OrderOnline adalah menjadi Solusi Bisnis kepada seluruh pengguna demi mewujudkan dunia bisnis yang lebih dekat dan lebih mudah. Dalam upaya perkembangan mewujudkan misi tersebut, kami harus selalu melakukan inovasi dan memberikan informasi penting kepada seluruh pengguna.

Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan penjelasan tentang syarat-syarat dan ketentuan layanan OrderOnline Logistic kepada seluruh pengguna. 

Dengan menggunakan layanan OrderOnline maka pengguna dinyatakan setuju untuk terikat kepada syarat-syarat dan ketentuannya.

A. PARA PIHAK
1. Orderonline, dalam hal ini adalah pihak yang bertindak sebagai penyedia fitur Logistic untuk semua Seller Orderonline
2. Layanan Pengiriman, dalam hal ini adalah pihak yang bertindak sebagai layanan penjemputan dan pengiriman barang dari Seller ke Customer.
3. Seller, dalam hal ini adalah pihak yang berjualan dengan menggunakan aplikasi OrderOnline
4. Customer, dalam hal ini adalah pihak yang membeli barang dari Seller OrderOnline

B. LAYANAN PENGIRIMAN

1. Pickup:
a. Pickup adalah layanan penjemputan barang Seller yang dilakukan oleh Layanan Pengiriman ke Customer
b. Pickup menyediakan berbagai macam Layanan Pengiriman sebagai berikut dengan ketentuan;


Tidak menutup kemungkinan, Layanan Pengiriman akan bertambah di kemudian hari

c. Seller wajib mencantumkan/memberitahukan alamat pickup lengkap serta nomor telepon aktif;
d. Shipping Label OrderOnline wajib dicetak dan ditempel pada paket sebelum;
e. Seller wajib meminta tanda tangan saat serah terima paket denngan pihak ekspedisi;

2. COD (Cash on Delivery)
a. COD adalah layanan pengantaran barang Seller yang dilakukan oleh Layanan Pengiriman ke Customer dengan menggunakan metode pembayaran secara tunai
b. Layanan COD bisa digunakan melalui Layanan Pengiriman:
– JNE Express
– SAP Express
– J&T Express
– Ninja Xpress
– ID Express
– Oexpress
c. Tidak menutup kemungkinan, Layanan
d. Pengiriman lainnya untuk layanan COD akan bertambah di kemudian hariUntuk Transaksi yang menggunakan metode COD akan diberlakukan ketentuan harga maksimal dan minimal transaksi yang berlaku untuk masing-masing layanan pengiriman:
– Nilai minimal transaksi COD JNE Express adalah Rp. 25.000,- dan nilai maksimal transaksi COD JNE Express adalah Rp. 5.000.000,-
– Nilai minimal transaksi COD SAP Express adalah Rp. 25.000,- dan nilai maksimal transaksi COD SAP Express adalah Rp. 15.000.000,-
– Nilai minimal transaksi COD J&T Express adalah Rp. 25.000,- dan nilai maksimal transaksi COD SAP Express adalah Rp. 5.000.000,-
– Nilai minimal transaksi COD Ninja Express adalah Rp. 25.000,- dan nilai maksimal transaksi COD Ninja Express adalah Rp. 15.000.000,-
– Nilai minimal transaksi COD ID Express adalah Rp. 25.000,- dan nilai maksimal transaksi COD ID Express adalah Rp. 15.000.000,-
– Nilai minimal transaksi COD Oexpress adalah Rp. 25.000,- dan nilai maksimal transaksi COD Oexpress adalah Rp. 10.000.000,-

e. Hasil penjualan dengan menggunakan layanan COD akan masuk ke Kredit akun Seller OrderOnline
f. Pencairan hasil penjualan dengan menggunakan layanan COD akan mengikuti aturan dari Layanan Pengiriman masing-masing;
– Pencairan layanan COD JNE Express, J&T Express, SAP Express, Ninja Xpress dan ID Express dilakukan setiap hari
– Lama pencairan maksimal 7 (tujuh) hari setelah orderan diterima oleh customer
– Layanan Pengiriman lainnya yang juga akan menerapkan layanan COD di kemudian hari, jangka waktu pencairan akan segera disesuaikan dengan kebutuhan Seller

g. Besaran COD fee yang berlaku disesuaikan dengan Layanan Pengiriman masing-masing;
– COD fee JNE Express sebesar 3% dari total nilai – COD (harga produk + biaya COD) dan ditambah biaya PPn sebesar 11% dari biaya COD
– COD fee J&T Express sebesar 3% dari total nilai – COD (harga produk + biaya COD) dan ditambah biaya PPn sebesar 11% dari biaya COD
– COD fee SAP Express sebesar 3% dari total nilai COD (harga produk + biaya COD) dan ditambah biaya PPn sebesar 11% dari biaya COD
– COD fee Ninja Xpress sebesar 3% dari total nilai COD (harga produk + biaya COD) dan ditambah biaya PPn sebesar 11% dari biaya COD
– COD fee ID Express sebesar 3% dari total nilai COD (harga produk + biaya COD) dan ditambah biaya PPn sebesar 11% dari biaya COD
– COD fee Oexpress sebesar 3% dari total nilai COD (harga produk + biaya COD) dan ditambah biaya PPn sebesar 11% dari biaya COD
– Layanan Pengiriman lainnya yang juga akan menerapkan layanan COD di kemudian hari, COD fee akan segera disesuaikan

h. Untuk Transaksi yang menggunakan metode COD akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi COD yang gagal atau return COD, yang disesuaikan dengan Layanan Pengiriman masing-masing;
– Biaya COD yang gagal atau return COD untuk pemakaian layanan JNE Express adalah sebesar biaya pengiriman (contoh; biaya pengiriman Jakarta – Bandung sebesar Rp 10.000, maka seller wajib melakukan pembayaran sebesar Rp 10.000 jika COD gagal atau return COD)
– Biaya COD yang gagal atau return COD untuk pemakaian layanan J&T Express adalah sebesar biaya pengiriman + 50% biaya pengembalian (contoh; biaya pengiriman Jakarta – Bandung sebesar Rp 10.000 dan biaya pengembalian Bandung – Jakarta sebesar Rp 12.000, maka seller wajib melakukan pembayaran sebesar Rp 16.000 (10.000 + 6.000) jika COD gagal atau return COD)
– Biaya COD yang gagal atau return COD untuk pemakaian layanan SAP Express adalah sebesar biaya pengiriman (contoh; biaya pengiriman Jakarta – Bandung sebesar Rp 10.000, maka seller wajib melakukan pembayaran sebesar Rp 10.000 jika COD gagal atau return COD)
– Biaya COD yang gagal atau return COD untuk pemakaian layanan Ninja Xpress adalah sebesar biaya pengiriman (contoh; biaya pengiriman Jakarta – Bandung sebesar Rp 10.000, maka seller wajib melakukan pembayaran sebesar Rp 10.000 jika COD gagal atau return COD)
– Biaya COD yang gagal atau return COD untuk pemakaian layanan ID Express adalah sebesar biaya pengiriman (contoh; biaya pengiriman Jakarta – Bandung sebesar Rp 10.000, maka seller wajib melakukan pembayaran sebesar Rp 10.000 jika COD gagal atau return COD)
– Biaya COD yang gagal atau return COD untuk pemakaian layanan Oexpress adalah sebesar biaya pengiriman (Contoh; biaya pengiriman Jakarta – Bandung sebesar Rp 10.000, maka seller wajib melakukan pembayaran sebesar Rp 10.000 jika COD gagal atau return COD)
– Layanan Pengiriman lainnya yang juga akan menerapkan layanan COD di kemudian hari, biaya COD yang gagal atau return COD akan segera disesuaikan

i. OrderOnline akan memberikan Peringatan berujung Sanksi bagi setiap Seller yang menyalahgunakan layanan COD seperti;
– Melakukan orderan fiktif dengan mengatasnamakan Seller
– Memberikan alamat fiktif dalam pemesanan

j. Apabila seller memberikan respon dan/atau feedback melebihi 1×24 jam, maka barang kiriman akan otomatis di hold serta diberlakukan penambahan hari perhitungan SLA sesuai dengan jumlah hari keterlambatan respon dan/atau feedback yang diberikan seller;

k. Sanksi yang diberlakukan berupa penangguhan (suspend) akun Seller di aplikasi OrderOnline

C. Tagihan

1.
Masa pembayaran hanya berlaku maksimal 7 (tujuh) hari setelah menerima pemberitahuan tagihan;
2. Apabila dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan Seller belum melakukan pembayaran maka Pihak OrderOnline berhak melakukan penagihan langsung (visit seller) dan berhak melakukan upaya hukum yang berlaku;
3. Metode pembayaran tagihan yang berlaku adalah Bank Transfer dan Virtual Account;
4. Pembayaran melalui metode Bank Transfer dapat dilakukan dengan membayar ke nomor rekening berikut;
– BCA
No. Rek: 2333998009
Atas Nama: PT Ordivo Teknologi Indonesia
– MANDIRI
No. Rek: 132 00 22603 790
Atas Nama: PT Ordivo Teknologi Indonesia
– BRI
No. Rek: 0408 01 000901 303
Atas Nama: PT Ordivo Teknologi Indonesia

5. Pembayaran melalui metode Virtual Account yang diberikan Pihak OrderOnline harus digunakan untuk pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
6. Tidak berlaku transfer pembayaran selain nomor rekening di atas yang telah disediakan

D. Cashless

1.Diberlakukan Sistem Invoicing (penagihan) untuk Seller dalam penggunaan jasa penjemputan dan pengiriman barang oleh Layanan Pengiriman
2. Pembayaran Biaya pengiriman barang dan RTS oleh Layanan Pengiriman akan diubah menjadi sistem penagihan (Invoicing) yang akan dilakukan pada tanggal 1 setiap bulannya untuk manifest pada bulan sebelumnya
3. Metode pembayaran Cashless yang berlaku adalah Bank Transfer dan Virtual Account
Pembayaran bisa ditransfer melalui nomor rekening berikut;
– BCA
No. Rek: 2333998009
Atas Nama: PT Ordivo Teknologi Indonesia
– MANDIRI
No. Rek: 132 00 22603 790
Atas Nama: PT Ordivo Teknologi Indonesia
– BRI
No. Rek: 0408 01 000901 303
Atas Nama: PT Ordivo Teknologi Indonesia

5. Pembayaran melalui metode Virtual Account yang diberikan Pihak OrderOnline harus digunakan untuk pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan;
6. Tidak berlaku transfer pembayaran selain nomor rekening di atas yang telah disediakan

E. Cashback

1. Seller akan mendapatkan cashback dari setiap transaksi Ongkos Kirim yang terjadi di aplikasi OrderOnline
2. Cashback akan masuk ke Kredit akun Seller OrderOnline
3. Pencairan akumulasi Cashback akan dilakukan setiap 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan (akhir bulan)
4. Cashback hanya berlaku untuk akumulasi biaya pengiriman paket Reguler
5. Cashback yang akan didapatkan oleh Seller disesuaikan dengan besarnya jumlah transaksi Ongkos Kirim di aplikasi OrderOnline, berikut detailnya;



F. Klaim Kerusakan atau Kehilangan Barang

Klaim kerusakan atau kehilangan barang akan mengikuti aturan dari Layanan Pengiriman masing-masing;

– JNE
Klaim kerusakan dan kehilangan barang selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak kiriman diterima dalam keadaan rusak atau kiriman dinyatakan hilang oleh customer
-SAP Express
Klaim kerusakan dan kehilangan barang selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak kiriman diterima dalam keadaan rusak atau kiriman dinyatakan hilang oleh customer
-J&T Express
Klaim kerusakan dan kehilangan barang selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak kiriman diterima dalam keadaan rusak atau kiriman dinyatakan hilang oleh customer
-Ninja Xpress
Klaim kerusakan dan kehilangan barang selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak kiriman diterima dalam keadaan rusak atau kiriman dinyatakan hilang oleh customer
-ID Express
Klaim kerusakan selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak kiriman diterima dalam keadaan rusak. Klaim kehilangan barang selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak kiriman dinyatakan hilang oleh customer
-Oexpress
Klaim kerusakan dan kehilangan barang selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak kiriman diterima dalam keadaan rusak atau kiriman dinyatakan hilang oleh customer

Ketentuan klaim kerusakan atau kehilangan barang dari Layanan Pengiriman lainnya akan menyusul di kemudian hari

G. Penyalahgunaan

1. Seller yang terbukti melakukan pemesanan fiktif dengan tujuan mendapatkan Cashback dari setiap transaksi Ongkos Kirim akan diberi Sanksi oleh pihak OrderOnline
2. Sanksi berupa penangguhan (suspend) akun Seller di aplikasi OrderOnline dan berupa pemberlakuan proses hukum yang akan ditempuh oleh pihak OrderOnline sesuai dengan Undang-Undang dan Aturan yang berlaku di Indonesia
3. Apabila Seller terbukti memiliki lebih dari 1 (satu) akun di aplikasi OrderOnline, maka setiap akun dianggap saling berkaitan dan memiliki tanggung jawab yang sama
4. Persamaan akun yang dimaksud berupa kesamaan data yang valid (KTP, Email, Alamat Pick Up dan data penting lainnya)
5. Sebelum Seller menyelesaikan pemesanan, seller wajib memastikan sudah ada persetujuan pembelian dari pihak buyer, untuk meminimalisir terjadinya retur yang disebabkan dari penolakan oleh pihak buyer karena tidak merasa memesan;
6. Seller diwajibkan untuk memastikan Alamat Lengkap termasuk Nomor Rumah, RT/RW serta nomor telepon Buyer sudah terisi dengan jelas;
7. Seller bertanggung jawab untuk membantu disaat terjadi kendala yang dialami pihak kurir disaat buyer sulit dihubungi;
8. Seller tidak diperbolehkan untuk menjual produk digital termasuk namun tidak terbatas seperti akun netflix, pulsa, dan token listrik.
9. Apabila tingkat keberhasilan (success rate) berkisar antara 50% hingga 60%, OrderOnline berhak untuk memberikan peringatan dan melakukan investigasi lebih lanjut terhadap Seller. Seller juga diwajibkan untuk menyediakan dokumen tambahan jika diminta oleh pihak OrderOnline.

H. Perubahan

Kami akan mengubah syarat-syarat dan ketentuan ini sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan bisnis yang ada, dan oleh karenanya kami harap anda melakukan pengecekan secara berkala. Terima Kasih atas kepercayaan anda.

Apakah ada pertanyaan lain? silahkan hubungi kami disini