, ,

Usaha dengan Modal 1 Juta? Simak Selengkapnya!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 22, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Kamu ingin mulai usaha namun modal yang terkumpul masih sedikit? Tenang, dengan modal berapapun sebenarnya kamu sudah bisa untuk memulai usaha sendiri. Mungkin kamu masih skeptis. Namun asal ide sudah tersedia, sebenarnya usaha ataupun bisnis bisa langsung kamu mulai.

Tentunya ide pun juga harus mempertimbangkan kondisi pendanaan usaha kamu yang sudah terkumpul seberapa besar.

Baca juga: Bootstrap: Yuk, Pelajari Lebih Dalam!

Pada tulisan kali ini, OrderOnline akan bagikan untuk kamu beberapa ide usaha yang hanya membutuhkan modal sebesar 1 juta rupiah.

Daripada berlama-lama, langsung saja berikut ide usaha dengan modal 1 juta rupiah dari OrderOnline untuk kamu.

1. Makanan Ringan

Ide Usaha Makanan Ringan

Ketika waktu santai, senggang, ataupun sekadar berkumpul dengan teman dan keluarga, tidak lengkap rasanya tanpa adanya camilan yang menemani. Sudah lumrah dan mungkin kebiasaan bahwa waktu santai kurang sreg rasanya kalau tanpa camilan.

Camilan yang paling sering dicari di antaranya adalah berbagai penganan keripik, martabak, burger, roti, makaroni, dan masih banyak lagi tentunya.

Dengan porsi camilan yang biasanya tidak terlalu banyak karena terhitung makanan ringan, kamu bisa memproduksinya dengan mudah bermodal dana 1 juta rupiah. Kamu bisa procure bahan mentah yang nantinya kamu masak sendiri, kemudian tidak lupa kamu packing dengan apik dan menarik.

Pilihan lainnya, kamu juga bisa membeli camilan curah dari produsen yang kemudian kamu repack dengan lebih menarik.

Dengan bermodalkan uang sebesar 1 juta rupiah, jumlah camilan yang bisa kamu dapat sebagai modal usaha kamu tentunya terhitung lumayan banyak. Setelah barang ready, segera promosikan di media sosial atau teman dan keluarga kamu untuk menggaet pelanggan.

Untuk lebih banyak menarik pelanggan, kamu juga bisa langsung listing produk camilan kamu dan menjualnya di berbagai portal aplikasi food delivery seperti GoFood, GrabFood, ataupun ShopeeFood.

2. Barang Bekas

Ide Usaha Barang Bekas

Untuk ide usaha selanjutnya adalah bisnis berjualan barang bekas. Dalam bisnis barang bekas bermodal 1 juta rupiah ini kamu memiliki 2 pilihan. Pertama, barang bekas yang kamu jual adalah barang bekas milik kamu sendiri. Cara pertama ini dapat kamu lakukan dengan membuat akun pada marketplace. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot dan hanya perlu listing produk kemudian langsung bisa mulai berjualan.

Sedang untuk cara kedua, kamu bisa menggunakan modal 1 juta kamu untuk membeli barang bekas milik orang lain seperti baju, sepatu, dan barang lainnya. Pastikan juga, kamu membelinya dengan harga yang jauh lebih murah. Setelah kamu restorasi barang bekas tersebut entah dengan mencuci ataupun memperbaiki, kamu bisa kemas barang bekas tersebut agar tampil lebih menarik di mata pelanggan.

Untuk cara kedua ini, sudah banyak para pelaku bisnis yang melakukannya dengan melabeli bisnis mereka dengan iming-iming barang thrifting. Kebanyakan juga barang bekas tersebut merupakan hasil produksi brand terkenal sehingga harga jual pun ikut meningkat sesuai prestise dari brand masing-masing.

3. Kerajinan Tangan

Ide Usaha Kerajinan Tangan

Untuk ide usaha modal 1 juta terakhir dari OrderOnline adalah bisnis produksi kerajinan tangan. Hal ini akan sangat mudah dilakukan jika kamu memiliki bakat artistik yang terpendam. Tenang, kalaupun kamu belum memiliki bakat tersebut, kamu bisa juga loh belajar langsung dari YouTube. Sudah banyak video tutorial produksi kerajinan tangan yang bisa langsung kamu pelajari dari YouTube.

Kamu bisa coba riset terlebih dahulu jenis kerajinan tangan apa yang sedang ataupun selalu populer, kemudian bisa langsung kamu produksi dan pasarkan. Beberapa kreasi kerajinan tangan yang umum adalah anyaman gelang, wadah barang unik, tempat pensil, scrap book, tas kanvas, dan masih banyak barang menarik lainnya.

Dengan value keunikan tersendiri dari kerajinan tangan kamu, kamu bisa menjualnya dengan harga beberapa kali lipat di atas biaya produksi. Tentunya, kamu juga harus bisa menonjolkan value kerajinan tangan kamu dengan meluncurkan campaign yang engaging.

Beberapa porsi dari modal kamu juga perlu kamu sisihkan untuk biaya promosi dan marketing. Hal ini tentu untuk lebih menarik pelanggan agar ingin membeli hasil kerajinan tangan kamu.

Itulah beberapa ide bisnis dari OrderOnline dengan modal 1 juta rupiah. Jika kamu telah memilik modal yang cukup, alangkah baiknya jika kamu segera memulai bisnis kamu. Selain itu, kamu tentunya juga harus ulet ya. Karena, bisnis yang besar pun bermula dari usaha yang kecil namun juga konsisten.

Mungkin sekian dari OrderOnline untuk artikel kali ini. Untuk semakin mempermudah bisnis kamu, kamu juga bisa klik di sini.

Stay healthy and see you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 22, 2023

Diperbarui