Tanpa Modal? Bisakah Menghasilkan Uang?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apakah tanpa modal kita dapat menghasilkan uang di era digital ini? Bisa saja, banyak opsi untuk mendapatkan penghasilan tanpa perlu memiliki modal sama sekali.

Yang akan kita bahas adalah menghasilkan uang tanpa modal dengan memanfaatkan perangkat digital. Jadi bukan pekerjaan offline, cukup di depan laptop dan kerjakan beberapa opsi pekerjaan ini.

Apa saja pekerjaan tanpa modal yang dimaksud? Berikut kami uraikan satu per satu >>>

1. Jual Beli Domain

Opsi pertama adalah jual beli domain. Kita ketahui bersama bahwa domain merupakan alamat website yang berfungsi sebagai sebuah identitas online yang memiliki peran sangat besar untuk branding. Oleh karena itu, beberapa perusahaan bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan nama domain ideal.

tanpa modal

Dari celah tersebut banyak pihak yang memanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan melalui bisnis jual beli domain atau domain flipping. Seperti yang pernah viral bahwa domain Voice.com berhasil terjual di angka $30juta.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan opsi pertama ini tentu adalah membeli domain terlebih dahulu. Carilah nama-nama domain yang berpotensi di kemudian hari. Jika telah membelinya, Anda kemudian harus menampilkan informasi for sale di website dengan domain tersebut. Cara lainnya, Anda bisa bergabung ke platform jual beli domain seperti Flippa.

Berikut tips dalam melakukan jual beli domain;

  • Pilihlah sebuah kategori tertentu yang benar-benar Anda pahami. Misalnya, game. Anda bisa membeli domain seperti mariobros.com, ninjagame.com dan lainnya (ini hanya contoh ya)
  • Langkah kedua adalah lakukanlah pengecekan ketersediaan domain dengan ekstensi yang berbeda-beda
  • Anda juga harus mempertimbangkan harga saat membeli nama domain yang potensial
  • Langkah terakhir adalah promosikan penjualan Anda menggunakan berbagai media

2. Subtitling atau Transcription

Sederhananya seperti ini, jika mengubah percakapan dalam bentuk audio atau video menjadi teks maka proses tersebut dinamakan Transcription. Jika perubahan tersebut dilakukan dengan bahasa yang berbeda maka disebut subtitling.

Makin banyak perusahaan atau orang yang membutuhkan jasa seperti ini. Tahu tidak bahwa seorang transcriber bisa mendapatkan penghasilan hingga $25 per jam! 

tanpa modal

Apa langkah pertama yang harus Anda lakukan? Pertama-tama cobalah bergabung ke platform transcription seperti TranscribeMe agar dapat mendapat referensi. Anda juga bisa mencari project dari situs freelancer seperti Projects.co.id.

Dari data yang beredar, pekerjaan subtitling bisa mendatangkan penghasilan yang jauh lebih besar karena ada proses alih bahasa yang dilakukan. 

3. ProofReader

Sederhananya ProofReader adalah sebuah proses pengecekan kesalahan-kesalahan pada sebuah dokumen agar siap diterbitkan. Hal ini berbeda dengan proses edit yang lebih kompleks, karena proofreading lebih banyak berfokus pada typo, tata bahasa dan format penulisan.

Umumnya, seorang proofreader mampu menghasilkan hingga $3200 dalam sebulan pertama. Namun pendapatan ini adalah data dari luar negeri. Di Indonesia, kemungkinan hasil yang diperoleh belum tentu sebesar itu.

tanpa modal

Tapi, yang menjadi hal positif juga adalah di Indonesia jumlah orang yang membutuhkan jasa proofreading terus meningkat, Anda bisa cek sendiri di situs freelancer seperti Freelancer.co.id. Jika Anda menguasai bahasa asing, maka bergabung dengan platform seperti Scribendi juga menjadi pilihan utama.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram