Blue Ocean Strategy? Yuk Simak Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Blue Ocean Strategy (samudera biru) ditandai dengan adanya ruang pasar yang belum dijelajahi. Selain ruang pasar yang belum dijelajahi, juga ada permintaan pasar. Strategi ini berfokus pada aktivitas menumbuhkan permintaan. Juga lebih memilih untuk menjauhi kompetisi.

Blue Ocean Strategy pada dasarnya berupaya untuk menciptakan sebuah ruang pasar yang belum ada pesaingnya. Mungkin strategi ini masih cukup asing temasuk dalam dunia bisnis. Oleh karena itu Anda bisa mencari banyak informasi mengenai strategi yang bisa menjadi solusi bagi banyak perusahaan ini.

Tindakan dalam Blue Ocean Strategy

  • Eliminate. Sebaiknya segala seuatu yang dianggap tidak baik segera dihapuskan. Dengan menghapusnya maka Anda bisa menciptakan produk yang terbaik.
  • Reduce. Jika beberapa nilai pada produk tidak perlu dihilangkan seluruhnya maka Anda bisa menguranginya saja.
  • Raise. Mengurangi fitur pada suatu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda bisa memberikan manfaat lain.
  • Create. Dalam mengeluarkan produk tentunya Anda perlu menciptakan hal atau sesuatu yang baru.

Kelebihan Blue Ocean Strategy

blue ocean
  • Menciptakan pasar baru. Dengan adanya produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda maka akan tercipta pasar baru.
  • Profit besar. Mencipatakn pasar baru yang menghasilkan profit dalam jumlah yang cukup besar.
  • Brand baru. Tidak hanya produk saja yang tampil baru di masyarakat tetapi juga brand baru.

Kekurangan Dan Kelemahan

blue ocean
  • Butuh biaya besar. Anda akan membutuhkan modal cukup besar untuk mendukung aktivitas seperti ini.
  • Aktif pemasaran. Anda perlu memasarkan produk Anda secara lebih aktif.

Tips Pelaksanaan Strategi

  • Fokus pada pasar baru. Menciptakan produk yang baru tentu akan membuat Anda untuk lebih memusatkan fokus pada pasar yang baru.
  • Inovatif. Anda harus bisa menciptakan produk yang lebih inovatif. Maka produk Anda bisa tampak unik dan menarik bagi para konsumen.
  • Slogan unik. Dengan adanya slogan pada proses pemasaran maka produk Anda akan selalu diingat oleh para konsumen.

Tujuan Strategi

  • Mengetahui pasar. Sebelum meluncurkan produk baru maka sebaiknya Anda segera melihat pasar.
  • Mencapai target. Dengan adanya blue ocean strategy maka perusahaan Anda tentu bisa lebih mudah mencapai target pemasaran.
  • Mengetahui peluang. Anda bisa mengetahui peluang kesuksesan atau kegagalan produk Anda.
  • Menjadi pemimpin pasar. Dengan menciptakan pasar baru, maka hal ini berbarti bahwa Anda juga bisa menjadi pemimpin pasar untuk produk yang baru.

Penerapan Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy pada dasarnya lebih menekankan perusahaan untuk tidak bersaing. Artinya strategi ini tidak menekankan perusahaan untuk memenangkan kompetisi pasar. Sebab strategi ini cenderung menekankan perusahaan untuk memulai atau mengawali bisnis dengan fokus produk yang berbeda dari perusahaan lainnya.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian

Featured image by Background photo created by lifeforstock – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram